test

News

Kamis, 1 September 2022 16:23 WIB

Gandeng Kodam Jaya dan Pemprov DKI, Polda Metro Bahas Pengamanan Demo

Editor: Hadi Ismanto

Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta menggelar rapat koordinasi. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar rapat koordinasi membahas pengamanan potensi adanya aksi unjuk rasa imbas dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Rakor yang bertajuk 'Rapat Koordinasi Pengamanan Antisipasi Unras Penyetaraan Harga BBM' diselenggarakan di Aulia Sudirman, Kodam Jaya, Jakarta Timur, Kamis (1/9/2011).

Dalam rakor tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran meminta semua jajaran untuk bahu-membahu menjaga keamanan ibukota paska adanya pengumuman kenaikan harga BBM dari pemerintah.

"Kalau Ibu Kota ini aman, insyaallah yang lainnya akan aman," ujar Irjen Fadil.

Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta menggelar rapat koordinasi. (Foto: PMJ News)
Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta menggelar rapat koordinasi. (Foto: PMJ News)

Fadil memperkirakan unjuk rasa dari masyarakat tidak akan terhindarkan jika nantinya harga BBM dinaikkan. "Kita harus bisa identifikasi kelompok sehingga ini bisa handle dengan baik," ucapnya.

Menurut Fadil, semua jajaran akan melakukan koordinasi dalam mengamankan jalannya aksi unjuk rasa. Jenderal bintang dua ini memastikan aparat akan mengedepankan sikap humanis dalam mengawal masyarakat saat menyampaikan aspirasinya.

"Kami akan menghadapinya dengan humanis. Kami sepakat bersama Kodam Jaya, Polda Metro Jaya, Pemda DKI untuk menyusun cara bertindak dan strategi yang sangat humanis," tuturnya.

"Ini barangkali tujuan-tujuan kami, karena kami menganggap ini harus dikerjakan bersama-sama," sambungnya.

Sementara Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiarto menyebut TNI akan mendukung kepolisian dan pemerintah untuk memberikan pengamanan jika terjadi aksi demonstrasi. Dia berharap aspirasi masyarakat bisa tersampaikan, dan keamanan serta ketertiban masyarakat tetap terkendali.

"Apabila terjadi, beberapa masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi, kami akan menjaga. Mendukung Kapolda untuk memberikan keamanan kepada mereka, agar aspirasi tersampaikan dengan baik," papar Untung.

BERITA TERKAIT