test

News

Sabtu, 10 September 2022 06:01 WIB

Lebih Mengenal RON BBM Kendaraan di Tanah Air

Editor: Ferro Maulana

RON BBM Kendaraan. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Kandungan bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan mempunyai nilai oktan tertentu atau biasa dikenal RON BBM, demikian melansir laman resmi Daihatsu.

Untuk diketahui, RON adalah kepanjangan dari Research Octane Number. RON merupakan patokan kualitas BBM berdasarkan nilai atau tingkat oktan.

Sementara itu, angka RON menunjukkan tingkat ketukan atau banyaknya ketukan (knocking) yang dihasilkan di ruang bakar kendaraan ketika pembakaran.

Simpelnya, RON menunjukkan seberapa besar tekanan yang dapat diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan di ruang bakar kendaraan.

Sedangkan, BBM oktan tinggi (RON tinggi) memiliki kualitas yang lebih baik ketimbang oktan yang lebih rendah.

Namun demikian, bensin oktan tinggi belum tentu mempengaruhi peforma mesin secara signifikan. Hal tersebut disebabkan mesin tidak hanya dipengaruhi penggunaan bahan bakar.

Di Tanah Air, BBM terdiri dari beberapa tingkat RON, antara lain:

Pertamax Turbo (RON 98)

Pertamax Turbo dikembangkan untuk kebutuhan mesin mobil dengan teknologi tinggi. BBM jenis tersebut pertama kali diluncurkan pada Agustus 2016 di arena balapan Lamborghini, Belgia. BBM RON 98 itu masuk Indonesia pada 2018.

Pertamax Turbo bagus untuk mobil dengan rasio kompresi 11:1 sampai 13:1, yang biasa pada mobil sport, mobil premium, alias mobil performa tinggi. Pertamax Turbo juga mempunyai tingkat RON BBM tertinggi di Indonesia.

Dengan menggunakan BBM oktan tinggi tersebut menyebabkan, mobil kian lincah, torsi yang dihasilkan lebih tinggi, kecepatan meningkat, tenaga mesin semakin kuat, dan pembakaran BBM pada mesin lebih sempurna.

 Pertamax (RON 92)

BBM jenis Pertamax ini bisa digunakan pada kendaraan-kendaraan keluaran terbaru yang memiliki rasio kompresi 10:1 hingga 11:1, atau kendaraan dengan teknologi Electronics Fuel Injection (EFI).

Adapun pembakaran BBM RON 92 itu lebih sempurna lantaran mampu menjaga kemurnian bahan bakar dari campuran air. BBM RON 92 yang di Indonesia dinamai Pertamax, memiliki ecosave technology yang berfungsi membersihkan bagian dalam mesin (detergency).

Selanjutnya, juga dilengkapi pelindung karat pada dinding tangki kendaraan, saluran bahan bakar, dan ruang bahan bakar.

Pertalite (RON 90)

Pertalite yang memiliki oktan 90 paling banyak digunakan di Indonesia karena memang RON pada BBM jenis ini dianggap paling sesuai dengan kebanyakan mobil. Pertalite bagus digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 sampai 10:1.

BERITA TERKAIT