test

Wisata

Senin, 19 September 2022 17:05 WIB

Kementerian PUPR Bangun dan Tingkatkan Rumah Hunian Pariwisata

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Fajar Ramadhan

Sarana hunian pariwisata. (Foto: Kementerian PUPR).

PMJ NEWS -  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan dalam rangka mendukung potensi pariwisata nasional di Indonesia membangun 20 sarana hunian pariwisata (Sarhunta) serta peningkatan kualitas rumah untuk 70 rumah warga di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang di Belitung.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, renovasi rumah warga menjadi Sarhunta bertujuan meningkatkan kualitas rumah warga sekitar kawasan pariwisata menjadi layak huni.

“Selain itu, renovasi tersebut juga sekaligus dapat dimanfaatkan untuk usaha pondok wisata dan usaha pariwisata lainnya, sehingga dapat mendorong perekonomian masyarakat setempat,” ujar Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (19/9/2022).

Sementara itu, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menambahkan, Sarhunta atau homestay yang dibangun di Tanjung Kelayang ini memiliki fasilitas yang lengkap serta desain bangunan yang menonjolkan perpaduan unsur lokal.

“Total anggaran untuk membangun sebanyak 20 unit Sarhunta di KEK Tanjung Kelayang adalah Rp2 miliar sedangkan peningkatan kualitas rumah yang berada di koridor kampung sebanyak 70 unit senilai Rp2,45 miliar. Pembangunannya turut melibatkan masyarakat setempat,” ucap Iwan.

BERITA TERKAIT