test

News

Selasa, 27 September 2022 15:02 WIB

Wapres RI Hadiri Prosesi Pemakaman Mantan PM Jepang Shinzo Abe

Editor: Hadi Ismanto

Wapres Ma'ruf Amin saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/BPMI Setwapres)

PMJ NEWS - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe yang digelar pada Selasa (27/9/2022).

"Saya sekarang bersiap-siap untuk menghadiri upacara pemakaman mantan Perdana Menteri (Jepang Shinzo) Abe. saya diutus untuk menghadiri ini," ungkap Wapres Ma'ruf dikutip dari keterangan video yang dibagikan Sekretariat Wakil Presiden.

Menurut Ma'ruf, pemerintah Indonesia memiliki hubungan yang baik dengan mantan PM Jepang Shinzo Abe. Dia menyebut mendiang Shinzo Abe memiliki peran penting dalam peningkatan hubungan Indonesia-Jepang.

"Shinzo Abe ini orang yang sangat berperan penting dalam rangka meningkatkan hubungan Indonesia-Jepang sehingga hubungan itu menjadi mitra strategis dan mempererat hubungan persahabatan yang lebih akrab antara masyarakat Indonesia dan masyarakat Jepang," tuturnya.

Lebih lanjut Ma'ruf menjelaskan, hubungan Indonesia-Jepang telah terjalin baik selama ini. Karena itu, dalam kunjungannya ke Jepang kali ini, Pemerintah ingin meningkatkan hubungan lebih erat dengan Jepang dalam berbagai kerja sama lebih konkret.

Terutama, kesepakatan-kesepakatan yang telah digagas Presiden Joko Widodo saat hadir di Tokyo Juli lalu, yaitu penandatangan Protokol Perubahan Indonesian-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) pada KTT G20 Bali November 2022 mendatang.

"Jepang juga akan mengambil bagian dan mendukung G20 seperti kemarin disampaikan oleh perdana menteri," tukasnya.

BERITA TERKAIT