test

Kesehatan

Sabtu, 1 Oktober 2022 22:01 WIB

Wajib Tau, Ini Lima Alasan Minum Kopi Saat Perut Kosong Berbahaya

Editor: Hadi Ismanto

Racikan kopi yang aman bagi kesehatan dan penambah stamina tubuh. (Foto: PMJ News/Ilustrasi)

PMJ NEWS - Sejumlah penelitian mengungkap efek positif kopi bagi kesehatan. Namun, efek kopi akan berbahaya apabila diminum dalam kondisi perut kosong.

Seperti dilansir dari laman hindustantimes, Sabtu (1/10/2022), minum kopi di pagi hari bisa lebih berbahaya daripada kebaikan dan menyebabkan masalah pencernaan, ketidakseimbangan gula darah dan lonjakan tingkat stres.

Disebutkan pagi hari mungkin adalah waktu terburuk untuk minum kopi karena kadar kortisol Anda sudah tinggi pada saat itu dan minum kopi dapat lebih meningkatkan tingkat hormon stres yang dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan kecemasan.

Berikut lima alasan minum kopi saat perut kosong berbahaya di antaranya:

1. Dapat Menyebabkan Kembung
Kopi dapat merangsang produksi asam lambung. Peningkatan produksi asam lambung yang berbahaya ini sangat mengganggu sistem pencernaan tubuh, menyebabkan masalah seperti gangguan pencernaan, kembung, mual dan sebagainya.

2. Meningkatkan Hormon Stres
Apa yang disebut hormon stres antara lain, membantu mengatur energi dan membuat Anda merasa waspada secara alami memuncak saat Anda bangun dan yang menarik, kopi merangsang produksi kortisol.

3. Berdampak Pada Gula Darah
Kontrol gula darah Anda terganggu ketika hal pertama yang bersentuhan dengan tubuh Anda adalah kopi.

4. Perubahan Suasana Hati
Minum kopi saat perut kosong dapat membuat Anda gelisah, gemetar dan efek penarikan lainnya, termasuk perubahan suasana hati.

5. Menyebabkan Inflamasi
Merupakan kontributor signifikan terhadap stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh. Kelelahan, masalah kulit, diabetes dan kondisi autoimun hanyalah beberapa kondisi yang terkait dengan peradangan.

BERITA TERKAIT