test

Kesehatan

Kamis, 6 Oktober 2022 10:04 WIB

Hindari, Lima Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Editor: Hadi Ismanto

Makan tepat setelah mandi menyebabkan berat badan naik atau obesitas. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Seorang peneliti yang juga pendiri platform nutrisi dan kebugaran daring Half Life to Health, Nidhi Sharma mengungkap beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebelum dan sesudah makan.

"Banyak orang memiliki kebiasaan tertentu sehubungan dengan makanan, tetapi sekarang adalah waktu yang tepat untuk meninggalkan praktik tidak sehat itu," jelas Sharma seperti dilansir dari laman Indian Express, Rabu (5/10/2022).

Berikut lima hal yang harus dihindari setelah makan.

1. Jangan Mandi Setelah Makan
Darah mengelilingi perut untuk membantu pencernaan. Ketika Anda mandi, suhu tubuh berubah.

Untuk membawa tubuh kembali ke suhu semula, darah dialihkan ke permukaan kulit dari permukaan perut, yang menyebabkan pencernaan terganggu dan lambat.

2. Hindari Olahraga Berat Setelah Makan
Aktivitas ini dapat mengganggu proses pencernaan. Orang bisa mual, sakit perut, dan muntah, refluks asam.

3. Jangan Langsung Tiduran
Habis makan terbitlah kantuk. Dorongan untuk berbaring setelah makan memang cukup umum. Akan tetapi, melakukannya dapat menyebabkan cairan pencernaan naik, menyebabkan mulas yang parah.

4. Jangan Minum Air Terlalu Banyak
Minum terlalu banyak setelah makan dapat memperlambat proses pencernaan. Minum air berlebih mengencerkan asam lambung dan mengganggu pencernaan.

5. Hindari Minum Teh atau Kopi
Teh dan kopi mengandung beberapa senyawa fenolik yang mengganggu penyerapan nutrisi tertentu, seperti zat besi dari makanan.

BERITA TERKAIT