test

News

Selasa, 11 Oktober 2022 17:02 WIB

Jokowi Minta Presiden Penggantinya Tak Ekspor Bahan Mentah

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo di acara Investor Daily Summit 2022. (Foto: PMJ News/Humas Setkab)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar presiden selanjutnya tidak kembali melakukan ekspor bahan mentah. Kepala Negara berharap Indonesia justru harus meningkatkan produksi bahan mentah.

"Siapapun nanti pemimpin, presiden konsitensi itu harus kita jaga dan terus kita tingkatkan, jangan kembali lagi ke ekspor mentah lagi. Hati-hati kita semua harus mengingatkan," ungkap Jokowi dalam Pembukaan Kongres XII Legiun Veteran RI di Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Jokowi mengatakan, saat ini Indonesia digugat organisasi perdagangan dunia (WTO) akibat pelarangan ekspor nikel mentah. Dia meminta Indonesia tidak boleh takut agar bisa menikmati kekayaan alam yang dimiliki.

"Kalau kita digugat dan kita mundur lagi, kapan lagi kita bisa menikmati komoditas-komoditas dan kekayaan yang dimiliki oleh kita," jelasnya.

Jokowi mencontohkan saat ini saham PT Freeport mayoritas sudah dimiliki oleh Indonesia. Dia mengungkapkan, sebanyak 98 persen pekerja di PT Freeport saat ini juga merupakan warga negara Indonesia (WNI).

"Sekarang 98 persen (karyawan PT Freeport) itu adalah Indonesia. Dan yang saya senang lagi, 40 persen itu adalah Papua, masyarakat Papua," tukasnya.

BERITA TERKAIT