test

Fokus

Sabtu, 15 Oktober 2022 17:14 WIB

Akhir Drama Rizky-Lesti: Kasus KDRT, Tangisan Hingga Cabut Laporan

Editor: Hadi Ismanto

Lipsus Akhir Drama Rizky-Lesti: Kasus KDRT, Tangisan Berujung Cabut Laporan. (Foto: PMJ News/Hadi)

PMJ NEWS - Perjalanan kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) terhadap Lesti Kejora yang dilakukan suaminya, Rizky Billar sempat menyita perhatian publik. Lika-liku dan drama perkara tersebut akhirnya berujung damai dengan alasan pertimbangan anak.

“Alasannya, anak saya karena bagaimana pun (Rizky) suami saya, bapak dari anak saya," ujar Lesti Kejora di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Kamis (14/10/2022).

“Beliau juga sudah mengakui perbuatan dan meminta maaf pada saya, dan keluarga bapak saya,” tambahnya.

Lebih lanjut Lesti menambahkan, keluarganya ung telah memaafkan Rizky Billar. Mereka juga berharap tindak KDRT yang dialami Lesti tidak terulang kembali di kemudian hari.

"Keluarga saya sangat begitu memaafkan perbuatan suami saya. Harapannya tidak akan terulang lagi," tandasnya.

Awal Kasus KDRT Lesti Kejora

Rizky Billar dan Lesti Kejora menjalani pemeriksaan Bareskrim Polri. (Foto: PMJ News)
Rizky Billar dan Lesti Kejora menjalani pemeriksaan Bareskrim Polri. (Foto: PMJ News)

Kasus KDRT yang dialami Lesti Kejora mencuat setelah pedangdut itu melaporkan suaminya ke Polres Metro Jakarta Selatan pada Rabu (28/10/2022). Dia mengaku mendapat tindak kekerasan di rumahnya di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Laporan tersebut dilayangkan Lesti, lantaran suaminya Rizky Billar diduga ketahuan selingkuh dan berujung tindakan KDRT. Kejadian tersebut berlangsung pukul 02.30 WIB dan sebelum pukul 10.00 WIB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, Lesti Kejora kemudian meminta penjelasan kepada Rizky Billar soal dugaan perselingkuhan tersebut.

"Terjadi kekerasan yang dilakukan hampir pukul dua dini hari dan juga pukul 9 mendekati 10 pagi. Dilakukan dua kali," ujar Endra Zulpan kepada wartawan, Kamis (13/10/2022).

"Ketahuan berselingkuh dan ketika korban meminta dipulangkan ke orang tuanya, ini terlapor atau tersangka Saudara Muhammad Rizky emosi," ungkapnya.

Akibat KDRT, Lesti Alami Luka dan Dirawat di Rumah Sakit

Lesti Kejora menjalani perawatan di rumah sakit seusai mengalami KDRT yang dilakukan Rizky Billar. (Foto: PMJ News/Istimewa)
Lesti Kejora menjalani perawatan di rumah sakit seusai mengalami KDRT yang dilakukan Rizky Billar. (Foto: PMJ News/Istimewa)

Polisi menyebut kekerasan fisik yang dilakukan Rizky Billar kepada Lesti Kejora berupa mendorong korban dan membantingnya ke kasur. Suaminya juga mencekik leher korban sehingga terjatuh ke lantai. Hal tersebut dilakukan berulang kali.

Atas perlakukan tersebut, Lesti mengalami luka-luka di bagian leher sebelah kiri serta sejumlah tubuh yang merasa sakit akibat tindakan kekerasan yang disebut dalam laporan ini dilakukan sang suami.

"Atas perbuatan tersebut sehingga korban melaporkan kepolisian, dalam hal ini Polres Metro Jaksel yang telah menerima laporan ini, dan telah melakukan pemeriksaan," jelas Zulpan.

Rizky Billar Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus KDRT

Artis rizky Billar. (Foto: PMJ News/Instagram @rizkybillar)
Artis rizky Billar. (Foto: PMJ News/Instagram @rizkybillar)

Setelah menjalani pemeriksaan selama delapan jam, Penyidik Polres Metro Jakarta Selatan menetapkan Rizky Billar sebagai tersangka kasus dugaan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) terhadap istrinya, Lesti Kejora.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan Rizky Billar ditetapkan tersangka setelah penyidik menemukan bukti dan memeriksa enam saksi terkait tindak pidana tersebut.

"Hasil pemeriksaan dilakukan penyidik dari Satreskirm Polres Metro Jakarta Selatan telah menaikkan status saudara Rizky dari saksi menjadi tersangka," ungkap Endra Zulpan di Mapolres Metro Jakarta Selatan.

Temui dan Peluk Billar, Lesti Kejora Bikin Perjanjian dan Cabut Laporan

Lesti Kejora beri keterangan pers. (Foto: PMJ/Fajar).
Lesti Kejora beri keterangan pers. (Foto: PMJ/Fajar).

Seusai Rizky Billar ditetapkan tersangka dan ditahan di Rutan Polres Metro Jaksel. Lesti mendatangi Polres Jaksel untuk mencabut laporan terkait kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Keduanya sepakat untuk menempuh jalur damai untuk menyelesaikan permasalahannya. Momen haru mewarnai pertemuan antara pasangan suami istri tersebut. Mereka pun sempat saling berpelukan sambil berderai air mata.

Sebelum mencabut laporan, Lesti memutuskan berdamai dengan Rizky Billar. Keduanya membuat surat perjanjian damai. Dalam surat perjanjian, Lesti dan Rizky Billar sepakat ingin menempuh jalur perdamaian.

"Kita sudah buat perjanjian, InsyaAllah tidak terulang. Tidak akan mengulangi, akan lebih menjaga dede. Intinya tidak akan mengulangi," ungkap Lesti di Mapolres Metro Jakarta Selatan.

Ditambahkannya, apabila Billar kembali mengulangi perbuatannya, Lesti akan melaporkan kembali ke polisi. “Kalau terjadi lagi, dede punya hak untuk membuat laporan lagi,” tandasnya.

Rizky Billar Meminta Maaf ke Lesti Kejora

Rizky Billar memberikan keterangan pers di Polres Metro Jakarta Selatan. (Foto: PMJ News/Fajar)
Rizky Billar memberikan keterangan pers di Polres Metro Jakarta Selatan. (Foto: PMJ News/Fajar)

Rizky Billar mengakui kesalahan terkait tindak KDRT kepada Istrinya, Lesti Kejora. Dia berharap bisa mendapat pelajaran atas kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dalam kehidupannya.

“Mudah-mudahan saya harap dengan kejadian ini bisa menjadi pembelajaran berharga bagi saya, untuk bisa lebih baik lagi ke depannya,” ujar Billar di Polres Metro Jakarta Selatan, Jumat (14/10/2022) malam.

Selain itu, Billar berharap rumah tangganya bisa semakin kokoh setelah kasus tersebut dengan pelajaran yang didapatnya. Juga ketulusan dari lingkungan sekitar yang diharapkan bisa diperolehnya.

"Mudah-mudahan dengan kejadian ini pula bisa membuat rumah tangga kami semakin kokoh, semakin kuat, tidak terpengaruh terhadap hal apapun dan siapapun dan mudah-mudahan kami selalu dikelilingi oleh orang-orang yang tulus,” tuturnya.

Rizky-Lesti Berdamai, Polisi Kedepankan Restorative Justice

Pasangan artis Rizky Billar dan Lesti Kejora. (Foto: PMJ News/Instagram @lestykejora)
Pasangan artis Rizky Billar dan Lesti Kejora. (Foto: PMJ News/Instagram @lestykejora)

Polisi menyatakan dalam kisruh rumah tangga pasangan Rizky Billar dan Lesti Kejora bisa dikedepankan dengan mediasi atau restorative justice (RJ).

Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi mengatakan, meski laporan yang diajukan oleh Lesti Kejora sebelumnya sudah dicabut, namun harus menjalani proses terlebih dahulu.

“Ini adalah delik aduan. Setelah dicabut ini selesai, tapi memang itu selesai nantinya. Namun kita punya mekanisme kerja. Mekanisme kerja ini kita harus jalani, punya proses. Misal ini harus memang pencabutan dari laporan polisi, ada namanya mediasi RJ," jelas Nurma

Lebih lanjut, untuk proses RJ juga perlu ada pencabutan surat penahanan yang sebelumnya sudah diterbitkan terhadap Rizky Billar.

“RJ kita kedepankan di sini. Tapi kita sudah menerbitkan surat perintah penahanan yang harus dicabut dari pihak kita, bukan dari pihak beliau saja,” ucapnya.

“Kita bisa lakukan RJ. Setelah ini lakukan RJ. RJ mengedepankan keadilan kedua belah pihak,” tandasnya.

BERITA TERKAIT