test

News

Kamis, 20 Oktober 2022 15:23 WIB

Amankan KTT G20, TNI Kerahkan Puluhan Alutsista dan Ribuan Prajurit

Editor: Hadi Ismanto

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyatakan TNI bakal mengerahkan alutsista darat, laut, dan udara demi menjaga keamanan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

"Untuk satgas udara kami menyiapkan empat pesawat tempur, enam helikopter AU, lima heli AL, dan dua Heli AD. Jadi kira-kira 13 heli," jelas Jenderal Andika Perkasa dalam konferens pers secara virtual, Kamis (20/10/2022).

Selain itu, Andika menyebut TNI juga menyiapkan pesawat Hercules dan jenis Boeing. Sejumlah pesawat ini akan difungsikan untuk keperluan pengangkutan, medis hingga sebagai pengintai.

"Kemudian pesawat hercules satu khusus medis, untuk evakuasi, satu hercules untuk angkut, satu boeing VIP sebagai tambahan, dan dua pesawat boeing pengintai," tuturnya.

Untuk satgas laut, lanjut Andika, telah menyiapkan 12 KRI yang ditempatkan di lingkaran Pulau Bali. KRI ini juga bertugas untuk mendampingi kapal militer milik negara partisipan KTT G20.

"Kita melibatkan 12 KRI yang kita tempatkan di lingkaran Pulau Bali, termasuk pendampingan kapal militer negara partisipan yang mungkin akan mengirimkan," terangnya.

Selain alutsista, Andika menyampaikan TNI juga menerjunkan 14.300 personel untuk mengamankan jalannya KTT G20. Dari jumlah tersebut, ada satgas VVIP yang bertugas menempel setiap kepala negara yang hadir di Bali.

"Jadi secara umum itu yang kita gelar. Pangkalan udara yang kami siapkan total 19 pangkalan udara, di Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan, dan satu pelabuhan," tukasnya.

BERITA TERKAIT