test

News

Rabu, 9 November 2022 17:46 WIB

Proses Produksi Baterai Mobil Listrik di Tanah Air Dimulai pada 2024

Editor: Ferro Maulana

Menteri Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto; PMJ/Dok Div Humas Polri).

PMJ NEWS -  Proses produksi baterai mobil listrik di Indonesia siap dimulai pada 2024. Langkah itu seiring dengan besarnya potensi Indonesia yang menjadi rantai pasok baterai kendaraan listrik global.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan proses produksi baterai mobil listrik bakal dimulai pada kuartal II/2024.

"Saya sudah bilang 2024 pada kuartal dua atau tiga kita akan produksi baterai kita sendiri," tuturnya, di Nusa Dua, Bali, Rabu (9/11/2022).

Menurut Luhut, produksi baterai mobil listrik atau electric vehicle (EV) tersebut akan menjalin kerjasama dengan sejumlah perusahaan. Antara lain, Contemporary Amperex Technology Co. Ltd. [CATL], LG Energy Solution, maupun industri lain.

Selain itu, Kementerian BUMN memastikan Indonesia berpotensi menjadi rantai pasokan baterai kendaraan listrik secara global.

Sementara itu, Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury menerangkan Indonesia dapat menjadi rantai pasokan baterai kendaraan listrik lantaran mempunyai cadangan nikel terbesar di dunia.

BERITA TERKAIT