test

News

Senin, 14 November 2022 15:05 WIB

Hasil Survei Ungkap PSSI Tak Sampaikan Larangan FIFA Soal Gas Air Mata

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Kerusuhan suporter terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang. (Foto: PMJ News/Istimewa)

PMJ NEWS - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis data terkait adanya pandangan dari publik yang meyakini bahwa PSSI tidak memberi tahu soal larangan penggunaan gas air mata dalam regulasi FIFA kepada kepolisian terkait Tragedi Kanjuruhan.

Hal tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi secara online  melalui kanal Youtube Indikator Politik Indonesia dalam rilis survei yang bertajuk Tragedi Kanjuruhan dan Reformasi PSSI.

Dalam paparannya, Burhanuddin menuturkan bahwa dalam surevi yang dilakukan, diperoleh sebanyak 28,2 persen responden yang mengaku mengetahui atau pernah mendengar kabar perihal PSSI yang tidak memberi tahu larangan FIFA soal gas air mata kepada polisi.

Lebih lanjut, dari 28,2 persen responden tersebut, sebanyak 56,3 persen responden percaya mengenai kabar tersebut, sedangkan 24 persen responden menjawab kurang percaya atau tidak percaya sama sekali kabar tersebut. Sementara 19,7 persen lainnya tidak tahu atau tidak menjawab saat ditanya pewawancara terlatih.

“Di antara 28,2 persen yang tahu bahwa PSSI tidak menyampaikan larangan FIFA kepada kepolisian itu sebagian besar percaya,” ujar Burhanuddin dalam paparannya, dikutip Senin (14/11/2022).

Survei tersebut dilakukan dalam rentang waktu 30 Oktober 2022 hingga 5 November 2022 terhadap warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki hak pilih berumur 17 tahun dan/atau lebih, atau yang sudah menikah. Survei dilakukan dengan memakai sampel metode multistage random sampling dengan responden sebanyak 1.220 orang dari seluruh provinsi, serta dengan Margin of error survei ini sekitar plus minus 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

BERITA TERKAIT