test

News

Rabu, 30 November 2022 13:20 WIB

Polisi: Video Puluhan Rumah Rusak Akibat Longsor di Trenggalek Adalah Hoax

Editor: Ferro Maulana

Ilustrasi penyebaran konten hoax. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS -  Kepolisian menegaskan video yang menampilkan puluhan rumah di Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Tengah, yang rusak akibat longsor merupakan berita bohong alias hoax.

Adapun rekaman gambar bergerak tersebut sempat viral di media sosial dalam beberapa hari terakhir.

"Itu video hoaks. Saat ini di wilayah Panggul tidak ada sama sekali rumah-rumah rusak akibat longsor seperti disebutkan di video tersebut," terang Kepala Seksi Humas Polres Trenggalek Iptu Siswanto kepada pewarta, di Trenggalek, Selasa (29/11/2022).

Sementara itu, video tersebut sempat ramai menjadi perbincangan di media sosial Trenggalek. Usai ditelusuri, potongan video tersebut disadur dari peristiwa di daerah lain.

Sang pengunggah menyematkan suara dengan narasi kejadian di Jalur Panggul. Warga pun dibuat resah atas peredaran video tersebut.

Siswanto memastikan tidak ada peristiwa itu. Dirinya juga menyesalkan video hoax itu bisa beredar dan menyebabkan masyarakat resah.

"Tidak ada peristiwa di Panggul dengan dampak kerusakan seperti itu,” ujarnya.

Sekedar informasi, potongan video singkat yang memperlihatkan kondisi infrastruktur jalan hingga permukiman warga rusak parah akibat bencana alam tanah longsor beredar luas.

Dalam video tersebut, dinarasikan peristiwa terjadi di Jalur Panggul Kabupaten Trenggalek.

BERITA TERKAIT