test

News

Selasa, 6 Desember 2022 09:06 WIB

Wapres Minta Pemda Rawan Bencana Siapkan Mitigasi untuk Lindungi Rakyat

Editor: Hadi Ismanto

Wapres Ma'ruf Amin saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/BPMI Setwapres)

PMJ NEWS - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta pemerintah daerah yang wilayahnya rawan bencana untuk menyiapkan mitigasi. Dia menyebut persiapan ini untuk melindungi masyarakat.

"Kita memang sudah memerintahkan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten, terutama yang merupakan daerah bencana untuk melakukan antisipasi dan mitigasi terhadap hal-hal yang mungkin akan terjadi," kata Ma'ruf Amin dalam keterangannya yang dikutip pada Selasa (6/12/2022).

Lebih lanjut Ma'ruf menjelaskan, langkah mitigasi yang bisa dilakukan pemerintah daerah antara lain memberikan peringatan ke masyarakat. Selain itu, anggaran untuk penanganan bencana juga harus dialokasikan.

"Warning kepada masyarakat, kemudian juga persiapan-persiapannya, termasuk anggaran yang harus juga disiapkan. Kita sudah meminta mereka untuk bersiap diri menghadapi berbagai kemungkinan itu," jelas Ma'ruf.

Ma'ruf juga dimintai tanggapan mengenai anggaran ketahanan pangan yang dinilai kecil, akibat resesi yang diperkirakan terjadi pada 2023 mendatang. Dia menyebut pemerintah sedang melakukan penghitungan ulang mengenai stok bahan pokok.

"Stok beras ini sedang dilakukan penghitungan kembali," terang Ma'ruf.

Disinggung mengenai kemungkinan dilakukannya impor beras, Ma'ruf mengatakan hal tersebut untuk mengantisipasi kebutuhan beras bagi masyarakat Indonesia.

"Kalaupun masalah impor, itu sifatnya antisipatif saja. Kalau memang terjadi kekurangan, maka dilakukan impor. Kalau ternyata nanti dihitung lagi cukup, mungkin tidak perlu impor," tuturnya.

"Jadi, itu sifatnya untuk menanggulangi kalau terjadi kekurangan," sambungnya.

BERITA TERKAIT