test

News

Kamis, 22 Desember 2022 21:01 WIB

Polisi Fokus Pengamanan Perayaan Natal di 213 Gereja di Tangerang

Editor: Hadi Ismanto

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Yeni)

PMJ NEWS - Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho memastikan kepolisian siap mengamankan perayaan Natal 2022 yang digelar 213 gereja yang ada di sekitar Tangerang.

"Untuk kegiatan pengamanan gereja, ada 213 dari 245 gereja di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota, dan giatnya variatif dan waktunya berbeda, tentunya perlu di koordinasikan dan persiapkan dengan baik," ungkap Zain Dwi Nugroho, Kamis (20/12/2022).

Menurut Zain, pihaknya telah melakukan asesmen keamanan ke masing-masing gereja untuk mengetahui situasi gereja, alur masuk dan keluar, jadwal ibadah misa, kapasitas gereja, sarana prasarana keamanan yang dimiliki.

Zain menjelaskan, pihaknya akan menerapkan pola pengamanan menjadi beberapa Ring. Dimana Ring 1 tempat ibadah, Ring 2 halaman dan Pagar, Ring 3 diluar lokasi pagar dan Ring 4 masyarakat/orang diluar yang tidak melaksanakan ibadah.

"Kami melihat sekaligus melakukan evaluasi baik sistem pengamanan, SOP pengamanan dan penempatan personel dalam melaksanakan pengamanan di gereja maupun sarana prasarana keamanan mauoun prokes yang dimiliki," tuturnya.

Selain fokus pengamanan gereja saat Natal, Polres Metro Tangerang Kota mendirikan sejumlah 10 pos pengamanan. Mulai dari pos pengamanan (Pospam), pos pelayanan (Posyan) maupun Pos Pantau di beberapa titik rawan.

"Saya berharap dari kegiatan pengamanan ini dapat dilaksanakan dengan baik. Belajar dari kejadian sebelumnya, potensi kerawanan perlu diantisipasi dan diwaspadai. Saya minta kerja sama dan dukungannya karena polisi tidak bisa bekerja sendiri," tukasnya.

BERITA TERKAIT