test

News

Senin, 26 Desember 2022 09:06 WIB

Gandeng Epidemiologi, Kemenkes Kaji Wacana Penghentian PPKM Tahun Depan

Editor: Hadi Ismanto

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers. (Foto: PMJ News/YouTube Kemenkes).

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut tengah mengkaji wacana penghentian penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh Indonesia.

"Masih jadi pembahasan para ahli epi (epidemiologi) dan kesehatan masyarakat untuk menyiapkan masyarakat dan faskes," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi kepada wartawan, Minggu (25/12/2022).

"Surveilens kasus dan genomik diperkuat dan kesadaran masyarakat untuk tes," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan akhir tahun ini kemungkinan besar pemerintah siap menghentikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Gempuran pandemi, saat delta masuk, kasus harian kita mencapai 56 ribu kasus," tutur Jokowi, dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia 2023, Jakarta Selatan, Rabu (21/12/2022).

Menurut Jokowi, saat itu sebagian besar jajarannya mengimbau agar dilaksanakan lock down.

"Saat itu saya ingat hampir 80 persen Menteri menyarankan saya untuk lock down. Termasuk masyarakat menyampaikan hal yang sama," jelas Jokowi.

"Kalau itu kita lakukan saat itu, mungkin ceritanya akan lain saat ini," sambungnya.

BERITA TERKAIT