test

News

Senin, 26 Desember 2022 13:22 WIB

Jajal LRT Jabodebek, Jokowi: Nyaman dan Tidak Berisik

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi meninjau Stasiun Light Rail Transit atau Lintas Rel Terpadu (LRT) Taman Mini Indonesia Indah. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Stasiun Light Rail Transit atau Lintas Rel Terpadu (LRT) Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Senin (26/12/2022) pagi.

Dalam peninjauan ini, Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Tadi saya mencoba LRT dari Stasiun Harjamukti ke Stasiun Taman Mini ini sepanjang 9 kilometer dan ditempuh dalam waktu 12 menit. Dengan kecepatan kereta 80km/jam, sangat cepat sekali dan tanpa masinis," ungkap Jokowi di Stasiun LRT TMII, Jakarta Timur.

Jokowi mengaku bangga dengan LRT yang merupakan buatan dalam negeri dan diproduksi PT INKA (Persero). Dia berharap kereta yang memiliki teknologi canggih ini sudah bisa dioperasikan pada pertengahan tahun depan.

"Saya tadi nyaman, cepat, dan tidak berisik. Saya kira pas belokan aja tadi ada bunyi kecil sekal," tuturnya.

"Jadi kereta ini dengan kapasitas nanti 420 penumpang stasiunnya kapasitas 520 an kita harapkan nanti bulan Juli, Juni Juli 2023 sudah bisa beroperasi berbarengan nanti dengan kereta cepat," sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga menjelaskan proyek ini sudah berjalan sekitar 87 persen. Rencananya LRT Jabodebek akan memiliki tiga rute yang terdiri dari Bekasi Timur-Cawang, Cibubur-Cawang, dan Cawang-Dukuh Atas

"Ini kan baru selesai 87 persen, masih deponya yang harus di selesaikan dan hal kecil-kecil yang berkaitan dengan sinkronisasi sistem," tukasnya.

BERITA TERKAIT