test

News

Rabu, 28 Desember 2022 16:22 WIB

Soal Nasib PPKM, Menko Airlangga: Hasil Kajian Masih Minggu Ketiga Januari

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Perekonomian, Airlangga Hartanto. (Foto: PMJ/IG Airlangga).

PMJ NEWS - Menko Perekonomian yang juga menjabat Ketua Komite Penanganan Covid-19, Airlangga Hartarto menyebut pemerintah saat ini masih menunggu hasil kajian penghentian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada pekan ketiga Januari.

"Hasil kajian (wacana penghentian PPKM) masih Minggu ketiga bulan Januari," ujar Airlangga kepada wartawan usai rapat soal PPKM bersama Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Pada kesempatan tersebut, Airlangga juga belum memberikan kepastian kapan penghentian PPKM diumumkan. Menurut dia, keputusan nasib PPKM rencananya bakal diumumkan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Nanti kita tunggu saja," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo menerangkan akhir tahun ini kemungkinan besar pemerintah siap menghentikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Gempuran pandemi, saat delta masuk, kasus harian kita mencapai 56 ribu kasus," tutur Jokowi, dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia 2023, Jakarta Selatan, Rabu (21/12/2022).

Menurut Jokowi, saat itu sebagian besar jajarannya mengimbau agar dilaksanakan lock down.

"Saat itu saya ingat hampir 80 persen Menteri menyarankan saya untuk lock down. Termasuk masyarakat menyampaikan hal yang sama,” jelas Jokowi.

“Kalau itu kita lakukan saat itu, mungkin ceritanya akan lain saat ini," sambungnya.

BERITA TERKAIT