test

Kesehatan

Minggu, 1 Januari 2023 13:20 WIB

Dahsyat, Lima Makanan Ini Bermanfaat Redakan Stres

Editor: Hadi Ismanto

Stres kerap dialami seseorang yang sibuk. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Stres mungkin menjadi sesuatu yang tak terhindarkan. Beruntung kamu bisa meredakan stres dengan hanya mengonsumsi makanan dan minuman sehat, jadi sangat penting untuk memperhatikan asupan setiap hari.

Bahkan Journal of Nutrition & Food Sciences juga mencatat bahwa stres juga menyebabkan peningkatan kebutuhan tubuh akan nutrisi tertentu. Mulai dari vitamin C, vitamin B, selenium, dan magnesium.

Seperti dilansir dari laman Verywell Health, Minggu (1/1/2023), berikut sejumlah makanan yang bisa dikonsumsi untuk meredakan stres.

1. Kacang Kenari
Kenari memberikan kerenyahan yang memuaskan dan rasa yang lezat untuk banyak resep. Penelitian menunjukkan makan kenari juga dapat menawarkan beberapa manfaat untuk manajemen stres.

Kenari adalah satu-satunya kacang yang merupakan sumber omega-3 ALA per porsi (2,5g/oz) yang sangat baik, yang bisa menjadi salah satu alasan mengapa para peneliti melihat beberapa manfaat kesehatan mental dalam penelitian mereka.

2. Buah Alpukat
Alpukat juga bisa menjadi salah satu makanan terbaik untuk membantu menurunkan tingkat stres Anda. Alpukat adalah sumber magnesium alami dan terdapat bukti bahwa kekurangan magnesium dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap stres.

Anda akan kesulitan menemukan data penelitian berkualitas yang secara langsung menunjukkan bahwa makan alpukat membuat Anda bebas stres.

3. Ikan Salmon
Salmon adalah salah satu sumber makanan terbaik asam lemak omega-3 DHA. Mendapatkan cukup lemak sehat ini dalam makanan Anda terkait dengan ketahanan stres yang lebih baik dan efek kesehatan mental positif lainnya.

Anda juga akan mendapatkan banyak nutrisi manajemen stres lainnya, termasuk vitamin B dan magnesium, dalam satu porsi salmon

4. Cokelat
Satu studi pada tahun 2014 menemukan bahwa mengonsumsi 40 gram cokelat hitam dan susu setiap hari selama dua minggu merupakan cara yang efektif untuk mengurangi stres yang dirasakan partisipan.

Efek pengurangan stres dari cokelat mungkin terkait dengan polifenol kakaonya, yang telah terbukti mengurangi stres pada orang yang sangat stres dan orang dengan tingkat stres normal.

5. Aneka Buah dan Sayur
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), hanya 10 persen orang Amerika yang mengonsumsi jumlah produk yang direkomendasikan setiap hari.

Ada banyak manfaat kesehatan untuk mendapatkan lebih banyak buah dan sayuran di hari Anda, dan membantu Anda mengatasi stresor hidup mungkin merupakan hal lain untuk ditambahkan ke dalam daftar.

Sejauh penelitian berjalan, tampaknya tidak memilih satu buah atau sayuran di atas yang lain memiliki pengaruh besar pada tingkat stres. Konon, makan lebih banyak produk tampaknya dikaitkan dengan stres yang lebih rendah bagi sebagian orang.

BERITA TERKAIT