test

News

Minggu, 15 Januari 2023 18:12 WIB

BMKG: Gempa Bogor Akibat Aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia

Editor: Hadi Ismanto

Ilustrasi gempa bumi. (Foto: PMJ News/ FIF).

PMJ NEWS - Gempa bumi bermagnitudo 5,0 (parameter update 4,7) mengguncang wilayah Cigudeg, Kabupaten Bogor. Getaran gempa terjadi pada Minggu (15/1/2023) pukul 03.32 WIB.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6,52° LS ; 106,58° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada kedalaman 146 kilometer.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan gempa ini merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault)," ujar Daryono dalam keterangannya, Minggu (15/1/2023).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," sambungnya.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Theofilo Patrocinio Freitas menyatakan belum ada laporan kerusakan maupun korban terkait dampak gempa tersebut.

"Terkait dampak dari gempa tadi subuh sejauh ini belum ada laporan masuk dari masyarakat maupun aparatur wilayah setempat," jelas Theofilo.

BERITA TERKAIT