test

News

Senin, 6 Februari 2023 09:06 WIB

Optimalkan Operasi Ketupat 2023, Polri Tambah 34 Kamera ETLE di Tiga Polda

Editor: Hadi Ismanto

Kamera ETLE akan memantau pelanggar lalu lintas di wilayah Polda Metro Jaya. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Korlantas Polri akan menambah 34 titik kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di tiga jajaran Kepolisian Daerah (Polda) di antaranya Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Pemasangan mulai periode 30 Januari 2023.

Kabag TIK Korlantas Polri, Kombes Pol I Made Agus Prasatya mengatakan pemasangan ini sebagai upaya memperkuat sistem pemantauan lalu lintas, serta penegakan hukum di bidang lalu lintas.

"Penambahan kamera ini juga upaya kami dalam mengoptimalkan pelaksanaan Operasi Ketupat Lebaran," ungkap Agus dalam keterangannya, Minggu (5/2/2023).

"Agar pelaksanaan mudik nanti masyarakat bisa merasakan kenyamanan, karena terbangunnya tertib lalu lintas dan tertib hukum," sambungnya.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, penambahan kamera ETLE ini dapat membuat seluruh penilangan menjadi transparan dan prosedural tanpa memihak kepada salah satu yang berperkara. Selain itu bisa meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri.

"Dengan semakin banyaknya titik kamera ETLE diharapkan anggota Polantas Polri bisa bersikap profesional dalam menangani penegakan hukum bidang lalu lintas dan kasus-kasus kecelakaan lalu lintas," tuturnya.

Adapun penambahan di Jawa Tengah berada di Polres Kabupaten Semarang, Polres Salatiga, Polres Sragen dan Polres Karanganyar. Untuk Polres Semarang titik lokasi berada di TL Asalaman dan TL Alun-Alun Lama.

Untuk Polres Salatiga ditempatkan di Bundaran Tamansari dan di Simpang Empat Jetis. Untuk Polres Karanganyar berlokasi di Alun-Alun Karanganyar dan SP 4 Tegal Gede. Sedang di Polres Sragen berlokasi di Jl. Timur Tilang Sari SPBU dan TL Alun-Alun Sragen.

Sedangkan untuk Jawa Timur, tandasnya, titik lokasi kamera berada di 9 Polres, yakni, Polres Ngawi berlokasi di SP 4 Terminal Lama dan SP 4 Dungus. Untuk Polres Madiun Kabupaten dipasang di SP 4 MT Haryono dan SP 4 Dasar Dolopo.

Untuk Polres Nganjuk berlokasi di SP 4 Mangundikaran dan Pospol Melundo. Sedang di Polres Jombang dipasang di Jl. Nuchoid Masjid Tunggul dan di SP 4 Sambang.

Sementara itu, untuk Polres Mojokerto Kota titik lokasi kamera berada di SP 4 Mpunala Gajah Mada dan Jl. Majapahit. Untuk Polres Sidoarjo Kota dipasang di SP 5 Krian dan Jl. Raya Kletek.

Untuk Polres Pasuruan Kota diletakkan di Jl. Pahlawan Stadion dan SP 3 Pahlawan. Untuk Polres Probolinggo Kota titik kamera berada di SP 4 TL Laweyan dan Jl. PB Sudirman. Sementara untuk Polres Banyuwangi dipasang di Gajah Mada Genteng dan SP 3 DPR Adisucipto.

"Jadi jumlah keselurahan penambahan kamera ETLE dari Korlantas Polri di 3 Polda tersebut untuk tahun 2023 ada 34 titik kamera yang tersebar di beberapa Polres," tukasnya.

BERITA TERKAIT