test

News

Kamis, 9 Februari 2023 10:43 WIB

Duka Gempa Turki dan Suriah, Kemenag Ajak Umat Islam Gelar Salat Gaib

Editor: Hadi Ismanto

Kantor Kementerian Agama. (Foto: Dok Kemenag)

PMJ NEWS - Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau kepada umat Islam di seluruh Indonesia untuk melaksanakan salat gaib bagi korban gempa meninggal di Turki dan Suriah. Hal ini sebagai bentuk kepedulian dan mendoakan para korban.

"Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban meninggal dunia pada gempa bumi di Turki dan Suriah, maka diimbau agar melaksanakan salat gaib untuk mendoakan korban meninggal dunia," terang Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag, Adib dalam keterangannya yang dikutip pada Kamis (9/2/2023).

Lebih lanjut Adib menjelaskan, salat gaib dilaksanakan setelah salat Jumat pada 10 Februari 2023. "Di Jakarta, Masjid Istiqlal juga akan melaksanakan salat gaib untuk korban meninggal gempa Turki dan Suriah," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan belasungkawa setelah terjadinya gempa di Turki dan Suriah. Bencana alam ini menelan ribuan korban jiwa.

Pernyaaan belasungkawa tersebut disampaikan Jokowi melalui akun Twitter pribadinya, @jokowi, Senin (6/2/2023). Dalam postingannya, Presiden menyampaikan dukungan untuk warga Turki dan Suriah.

Tidak hanya itu, Jokowi juga memberikan doa untuk para keluarga dan korban. Presiden menyatakan Indonesia berdiri dalam solidaritas bersama warga Turki dan Suriah.

"My deepest condolences to the people of Syria and Türkiye following the earthquake this morning across southeast Türkiye and northern Syria (Belasungkawa terdalam saya kepada orang-orang Suriah dan Turki setelah gempa bumi pagi ini di tenggara Turki dan Suriah utara)," tulis Jokowi.

"Our thoughts and prayers are with the families and victims. Indonesia stands in solidarity with the people of Türkiye and Syria (Pikiran dan doa kami bersama keluarga dan korban. Indonesia berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Turki dan Suriah)," sambungnya.

BERITA TERKAIT