test

News

Minggu, 12 Februari 2023 09:09 WIB

Tak Setuju Konsep Childfree, Wapres: Esensi Pernikahan Miliki Keturunan

Editor: Hadi Ismanto

Wapres Ma'ruf Amin saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/BPMI Setwapres)

PMJ NEWS - Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin menanggapi maraknya pembahasan soal konsep pasangan menikah namun memilih tidak punya anak atau dikenal dengan istilah childfree.

Istilah ini ramai setelah influencer Indonesia yang saat ini tinggal di Jerman, Gita Savitri Devi atau Gitasav mengungkapkan dirinya dan suami memutuskan untuk childfree.

Menurut Ma'ruf, esensi pernikahan adalah memiliki keturunan sehingga manusia bisa berkembang biak dan mengelola bumi. Dia juga menegaskan tak ada kaitannya childfree dengan program pencegahan stunting.

"Pernikahan memang dimaksudkan untuk mengembangbiakkan manusia. Melalui perkawinan manusia berkembang dan terus bisa mengelola bumi ini sampai sampai kiamat," ungkap Ma'ruf Amin dikutip dari kanal YouTube Setwapres, Minggu (12/2/2023).

"Bahkan, dalam program penanggulangan stunting tidak ada program dengan tidak punya anak. Tentu apa namanya itu, childfree? Ya, jadi itu tidak ada," sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Wapres menjelaskan keturunan adalah fungsi dari pernikahan dan hal itu sangat penting. Meskipun, ada pasangan yang menunda untuk memiliki anak satu atau dua tahun, dalam arti menjaga kesiapan untuk memiliki anak.

"Menunda mungkin, walau menunda satu tahun, dua tahun itu tidak ada masalah namanya mengatur perkawinannya supaya tidak langsung punya anak dia menunda 2 tahun nanti siap-siap begitu kemudian (baru punya anak) itu tidak masalah," tukasnya.

BERITA TERKAIT