test

Kesehatan

Senin, 20 Februari 2023 10:04 WIB

Studi: Orang Terinfeksi Covid-19 Miliki Kekebalan Alami yang Tahan Lama

Editor: Hadi Ismanto

Ilustrasi pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. (Foto: PMJ News/Hadi)

PMJ NEWS - Sebuah studi mengungkap seseorang yang pernah terinfeksi Covid-19 setidaknya satu kali, diyakini memiliki kekebalan alami yang kuat dan tahan lama terhadap penyakit parah (rawat inap dan kematian) akibat varian baru corona.

Hal ini mengacu pada tinjauan dan meta-analysis terbesar yang diterbitkan di jurnal The Lancet. Tinjauan dan meta-analisis ini mencakup 65 studi dari 19 negara.

Peneliti mengatakan, mereka yang sebelumnya terinfeksi covid-19, risiko rawat inap atau kematiannya 88 persen lebih rendah selama setidaknya 10 bulan dibandingkan dengan mereka yang sebelumnya tidak terinfeksi.

"Tapi jangan sampai studi ini menghambat vaksinasi. Vaksin adalah cara teraman untuk mendapat kekebalan," ujar penulis utama studi, Dr Stephen Lim dari University of Washington seperti dilansir dari laman Times Now News, Sabtu (20/2/2023).

Analisis tersebut juga menunjukkan bahwa tingkat dan durasi kekebalan alami dari infeksi terhadap infeksi ulang, penyakit bergejala, dan penyakit parah setidaknya sama dengan dua dosis vaksin mRNA.

Ini terbukti saat varian berkembangnya varian Alpha, Delta, dan Omicron BA.1. Namun penelitian ini tidak menyertakan data tentang infeksi dari Omicron XBB dan sub-garis keturunannya.

"Meskipun sudah ada bukti kekebalan alami dari infeksi sebelumnya. Kekebalan alami harus dilihat juga risiko penyakit parah dan kematian yang terkait dengan infeksi awal," tuturnya.

Sementara itu, peneliti juga tetap mengimbau untuk melakukan vaksinasi. Itu dinilai penting guna melindungi populasi berisiko tinggi seperti mereka yang berusia di atas 60 tahun dan mereka yang memiliki penyakit penyerta.

BERITA TERKAIT