test

News

Rabu, 15 Maret 2023 12:43 WIB

Tangkal Hoax Jelang Pemilu, Polri Gandeng Penggiat Medsos

Editor: Hadi Ismanto

Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Pol Gatot Repli Handoko saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/Fajar)

PMJ NEWS - Divisi Humas Polri menggandeng penggiat media sosial untuk menangkal berita bohong (hoax) dan disinformasi. Pasalnya, penyebarannya akan semakin banyak jelang Pemilu 2024.

Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Gatot Repli Handoko mengatakan Polri tak bisa bergerak sendiri menghadapi tantangan penyebaran hoax dan disinformasi.

Oleh karenanya, lanjut dia, menangkal hoax dan memberikan literasi kepada masyarakat harus sama-sama dilakukan antara Polri dengan penggiat media sosial

"Pori membutuhkan kerja sama dan partisipasi seluruh Penggiat Media Digital (Polri & Non Polri) dalam menjaga Kedamaian di ruang digital baik menjelang, selama, dan pascapemilu 2024," ungkap Gatot Repli Handoko saat dikonfirmasi, Selasa (14/3/23).

"Dalam penanganan Disinformasi terutama dalam mengantisipasi maraknya hoaks guna mencegah polarisasi di masyarakat," sambungnya.

Lebih lanjut Gatot menjelaskan, media digital harus dipenuhi dengan konten-konten positif yang bersifat edukatif dan informatif sesuai dengan genre masing-masing platform media sosial sesuai dengan Isu-isu terkini, terutama isu bersifat Nasional.

Pegiat media sosial pun harus menjadi pelopor pengelola media digital dilingkungannya masing-masing, serta ajak masyarakat sekitar untuk aware dalam menjaga kedamaian ruang digital.

"Apabila menemukan konten yang diprediksi akan membuat gaduh dalam masyarakat terkait isu sara dan polarisasi, silakan untuk melakukan pelaporan," tukasnya.

BERITA TERKAIT