test

Kesehatan

Selasa, 17 Desember 2019 09:03 WIB

Tak Hanya Ngantuk, Ini Penyebab Anda Menguap

Editor: Ferro Maulana

Menguap sebgai proses pendinginan otak (Foto: Ist)

PMJ - Biasanya menguap adalah tanda jika kita ngantuk. Menguap merupakan proses alami yang terjadi pada manusia, jadi tidak melulu hal tersebut kondisi dimana seseorang tengah mengantuk.

Sebuah penelitian mengemukakan, menguap merupakan kegiatan untuk menurunkan 'tensi' otak. Pada dasarnya tujuan menguap adalah untuk membuka eustachius, tabung yang mengaitkan telinga bagian tengah dan bagian belakang tenggorokan.

Fungsi tabung ini adalah untuk mengendalikan tekanan udara di telinga tengah. Ketika menguap, selain mendapatkan asupan oksigen yang masuk melalui mulut, terdapat juga tambahan oksigen yang akan masuk melalui telinga.

Otak memiliki mekanisme untuk mempertahankan suhu internalnya, karena setiap otak digunakan untuk bekerja dan berpikir dengan keras, suhunya dapat naik. Sehingga dibutuhkanlah sistem bernama thermoregulasi otak untuk menjaga susu otak agar tetap stabil.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, Selasa (17/12/2019), berikut merupakan kondisi yang membuat seseorang jadi menguap.

  • Perubahan Keadaan
    Menguap biasanya dianggap sebagai tanda kantuk atau kebosanan, meskipun hal ini tidak selalu terjadi. Secara umum, menguap bisa menjadi cara bagi tubuh untuk mengubah keadaan kesadaran.
  • Fungsi Pernapasan
    Menguap terjadi ketika darah membutuhkan oksigen sehingga asupan udara besar dan detak jantung yang lebih cepat. Jadi, menguap dapat membantu menyediakan pasokan oksigen segar.
  • Mendingingkan Otak
    Ketika seseorang menguap, hal ini menyebabkan rahang meregang. Kondisi ini meningkatkan aliran darah di wajah dan leher. Para peneliti mengemukakan menguap adalah cara untuk 'mendinginkan' otak.

BERITA TERKAIT