test

News

Kamis, 16 Maret 2023 13:24 WIB

Jokowi Soroti Penggunaan Produk Lokal, Polri: Sudah 80 Persen Lebih

Editor: Hadi Ismanto

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Polri memastikan tetap mengutamakan produk dalam negeri dalam setiap pengadaan. Penggunaan produk dalam negeri di Korps Bhayangkara saat ini mencapai 80 persen.

"Polri sudah mencapai 80 persen ke atas," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan, Kamis (16/3/2023).

Lebih lanjut Dedi mengatakan, kepolisian saat ini menempati posisi kedua sebagai lembaga dengan penggunaan produk dalam negeri tertinggi. Hal tersebut merupakan komitmen Polri.

"Menduduki ranking kedua kementerian/lembaga terkait TKDN (tingkat komponen dalam negeri). Itu sudah merupakan komitmen Polri untuk mengutamakan produk-produk dalam negeri," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyoroti perlunya penggunaan produk dalam negeri di kementerian dan lembaga pemerintah. Dia meminta barang-barang yang bisa diproduksi di dalam negeri tidak perlu impor.

"Kemudian juga barang-barang produksi kita sendiri bisa kita gunakan. Jangan sampai, ini saya minta di Kemenhan, di Polri, seragam militer kita ini sudah bikin. Ekspor ke seluruh negara, eh kita malah beli dari luar," tuturnya.

"Saya pikir kalau yang canggih-canggih silakan. Mau beli pesawat tempur karena kita emang belum bisa (memproduksi sendiri)," sambungnya.

BERITA TERKAIT