test

Kesehatan

Jumat, 17 Maret 2023 10:04 WIB

Waspada, Resiko Diabetes Meningkat Bila Kekurangan Vitamin dan Mineral Ini

Editor: Hadi Ismanto

Resiko terkena diabetes tipe 2 meningkat apabila kekurangan vitamin dan mineral. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak bisa menggunakan hormon insulin secara efektif. Insulin merupakan hormon yang diperlukan untuk mengubah glukosa menjadi energi.

Sejumlah ahli juga menyatakan diabetes tipe 2 alias penyakit kencing manis umumnya berkaitan dengan masalah kelebihan berat badan dan pola hidup yang tidak aktif.

Selain itu, beberapa studi juga menemukan bahwa defisiensi atau kekurangan empat macam vitamin dan mineral bisa turut meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Seperti dilansir dari laman Express, Jumat (17/3/2023), berikut defisiensi vitamin atau mineral tertentu bisa meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 2.

1. Vitamin D
Studi dalam Journal of Endocrine, Metabolic, and Immune Disorders mengungkapkan bahwa salah satu dari defisiensi yang bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 adalah defisiensi vitamin D.

Tak hanya menjadi faktor risiko diabetes tipe 2, defisiensi vitamin D juga turut memengaruhi peningkatan risiko komplikasi diabetes, khususnya komplikasi kardiovaskular.

"Kadar vitamin D yang rendah terbukti secara konsisten berkaitan dengan resistensi insulin dan risiko tinggi untuk mengalami diabetes tipe 2," jelas studi tersebut.

Studi berbeda dalam European Journal of Endocrinology menemukan bahwa suplementasi vitamin D selama enam bulan bisa memperbaiki sensitivitas dan produksi insulin.

Sedangkan studi lain dalam Current Diabetes Reports menemukan bahwa suplementasi vitamin D dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

2. Magnesium
National Centre for Complementary and Integrative Health mengungkapkan bahwa magnesium juga bisa memainkan peran penting. Menurut badan kesehatan tersebut, defisiensi magnesium bisa meningkatkan risiko terjadinya diabetes.

Magnesium adalah jenis mineral yang bisa ditemukan pada beragam jenis makanan. Sebagian di antaranya adalah sereal bran, biji-bijian tertentu, kacang-kacangan, dan bayam.

Defisiensi magnesium jarang terjadi pada orang yang sehat. Akan tetapi, kelompok lansia dan orang-orang yang sedikit makan bisa berisiko terhadap defisiensi magnesium.

3. Seng dan Kromium
Dua mineral lain yang dinilai dapat memengaruhi risiko diabetes tipe 2 adalah seng dan kromium. Beberapa studi menunjukkan bahwa defisiensi seng dan kromium turut memainkan peran dalam kejadian diabetes.

Kendati begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk lebih memperjelas peran seng dan kromium pada diabetes.

BERITA TERKAIT