test

Kesehatan

Minggu, 19 Maret 2023 20:06 WIB

Tak Disangka, Lima Bahan Alami Ini Bisa Menunda Penuaan

Editor: Hadi Ismanto

Proses penuaan dini bisa dicegah dengan menggunakan bahan alami. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Setiap orang, terutama perempuan tentu mendambakan memiliki kulit wajah yang tetap kencang meskipun sudah berumur. Karenanya, banyak brand kecantikan yang mengeluarkan produk anti-penuaan.

Namun, sejatinya banyak bahan alami untuk menunda proses penuaan. Bahkan bahan alami tersebut lebih murah, mudah didapat, dan punya efek luar biasa baik bagi kulit.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (19/3/2023), berikut lima bahan alami yang bisa digunakan sebagai alternatif untuk kesehatan kulit dan menunda proses penuaan.

1. Lidah Buaya
Diperkaya oleh beta-karoten, vitamin C, dan vitamin E, lidah buaya dapat membuat kulitmu tetap terlihat plumping meski bertambah usia.

Tak heran jika bahan ini sering dipakai oleh brand kecantikan sebagai salah satu senjata terbaik dalam melawan penuaan dini.

2. Mentimun
Mentimun kaya akan kandungan air dan sejumlah nutrisi seperti magnesium, potassium, vitamin A dan vitamin E, mentimun nyatanya sangat baik untuk membantu melancarkan sirkulasi darah.

Oleh sebab itu, bahan ini sangat direkomendasikan untuk meminimalisir kerutan di sekitar mata dan membuat wajahmu tampak bercahaya seketika.

3. Pisang
Cara mencegah penuaan dini dengan bahan alami berikutnya adalah dengan memanfaatkan pisang sebagai masker wajah. Pisang memiliki kandungan nutrisi yang bisa membantu menyamarkan noda hitam, menghilangkan kerutan dan garis halus.

Pisang memiliki kandungan vitamin A dan vitamin e, yang sangat baik untuk mencegah penuaan dini, dan membantu melembapkan kulit wajah.

4. Teh Hijau
Teh hijau kaya antioksidan yang dikenal dengan nama EGCG yang terbukti secara klinis dapat meminimalisir kerutan pada wajah atau bagian tubuh lainnya dan membantu proses regenerasi sel sehingga kulit akan terus tampak segar hingga tua.

Cara penggunaan: Rebus satu gelas teh hijau sampai mendidih di atas api sedang, lalu biarkan sebentar sampai hangat. Rendam handuk kecil sampai tenggelam, peras, lalu gunakan pada wajah seperti kamu mengenakan masker.

Pastikan matamu ikut tertutup handuk. Suhu hangat yang ada pada handuk akan membuka pori-porimu dan menginfusi teh hijau masuk langsung ke dalam kulit.

5. Minyak Zaitun
Terakhir, ada minyak zaitun yang punya kandungan polyphenols, oleic acid, monounsaturated fats, vitamin B, dan vitamin D. Dengan mengaplikasikannya secara rutin pada wajah, maka kemunculan kerutan pada wajah bisa diatasi secara alami.

Cara penggunaan: Campurkan 1 sendok minyak zaitun dan satu sendok jus lemon ke dalam mangkuk kecil, oles pada wajah, dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dan lihat perubahannya pada kerutan di wajahmu 4 minggu kemudian.

BERITA TERKAIT