test

News

Rabu, 22 Maret 2023 08:08 WIB

Libur Nyepi, Korlantas Polri Siapkan Rekayasa Lalin di Sejumlah Jalan

Editor: Ferro Maulana

Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS -  Pihak Korlantas Polri menyiapkan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan di masa libur cuti bersama Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 hari ini Rabu (22/3/2023) dan besok Kamis (23/3/2023).

Adapun rekayasa lalin dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan arus kendaraan. 

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan menerangkan, rekayasa lalin itu berupa contraflow dan satu arah atau one way.

Tetapi, penerapannya menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

"Sudah kami siap sesuai situasi yang berkembang," terang Aan, Selasa (21/3/2023).

Adapun rekayasa lalin berdasarkan situasi ini disiapkan di sejumlah ruas jalan seperti Tol Jakarta-Cikampek (Japek), jalan arteri, maupun jalur wisata.

Masing-masing ruas jalan diberlakukan rekayasa lalin yang disesuaikan.

"Di Tol Japek disiapkan contraflow. Sementara, di jalur wisata bisa one way sesuai dengan penilaian situasi di lapangan," tuturnya.

Menurut Aan, pihaknya sudah memberikan arahan kepada seluruh Satlantas di wilayah untuk berupaya memberikan kenyamanan dan kelancaran lalu lintas kepada masyarakat yang akan mengisi liburan cuti bersama Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka.

Masih dari keterangannya, masyarakat memanfaatkan momen liburan itu untuk berkumpul bersama keluarga, terlebih bertepatan pula dengan masuknya bulan puasa.

Sedangkan, tradisi masyarakat menjelang Ramadhan, akan melakukan persiapan dengan membeli sejumlah perlengkapan hidangan saat bulan puasa. Antara lain, berbelanja di pasar, dan pusat perbelanjaan modern.

BERITA TERKAIT