test

News

Jumat, 31 Maret 2023 12:23 WIB

Kemenkes Siap Hadirkan Fasilitas Layanan Kesehatan di Jalur Mudik

Editor: Ferro Maulana

Fasilitas layanan kesehatan mudik. (Foto: Sekkab)

PMJ NEWS -  Walaupun baru minggu pertama bulan Ramadhan 2023, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah melakukan persiapan jelang mudik Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, menjelaskan arus mudik tahun ini yang masih dilakukan di masa pandemi Covid-19, pemerintah siap menghadirkan fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) di setiap jalur mudik.

“Kalau mudik, kita menyiapkan fasyankes. Baik rumah sakit mau pun Puskesmas di jalur-jalur mudik kalau bukan terkait Covid. Misalnya pusing atau misalnya butuh pemeriksaan tekanan darah tinggi," ungkap dr Nadia, kepada pewarta, di Jakarta.

Di samping posko kesehatan di titik-titik daerah jalur mudik, dr. Nadia melanjutkan, Kemenkes juga memastikan jika fasilitas di Rumah Sakit maupun Puskesmas juga standby untuk melayani para pemudik sekaligus penanganan Covid-19 selama Lebaran.

Seperti, para pemudik yang membutuhkan perawatan seperti pemeriksaan tes swab PCR, reagen, oksigen, ventilator, sampai obat.

 

BERITA TERKAIT