test

News

Minggu, 2 April 2023 16:34 WIB

Polri Petakan Titik Kemacetan di Jawa-Sumatera Saat Arus Mudik Lebaran 2023

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Shandi Nugroho saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/Fajar)

PMJ NEWS - Sistem atau skema satu jalur atau one way akan diberlakukan Polri untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalan tol Trans Jawa saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

Selain itu, kepolisian juga memetakan dan menentukan titik-titik krusial yang berpotensi terjadinya lonjakan kendaraan yang melintas saat arus mudik dan arus balik di Trans Jawa.

"Untuk di jalur Tol Trans Jawa, jalur tol ke arah Jawa Tengah dimana Tol Cipali (Cikopo – Palimanan) menjadi titik krusial baik arus mudik maupun arus balik,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho dalam keterangannya, Minggu (2/4/2023).

Selain Trans Jawa, Sandi memaparkan titik krusial yang berpotensi terdapat di jalur Sumatera saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2023 yakni di Indralaya-Palembang.

Dikatakannya, tempat peristirahatan atau rest area di dua jalur tersebut juga berpotensi terjadinya lonjakan dan kepadatan yang mempengaruhi arus lalu lintas.

"Sementara untuk di Pelabuhan Merak dari pengalaman tahun lalu, angkutan lebaran sempat terjadi kepadatan,” ucapnya.

Ditambahkannya, selain jalur tol di Jawa, Sandi menyebutkan jalur arteri juga menjadi titik krusial dan perhatian karena dilintasi roda dua dan menjadi alternatif roda empat.

Serta di lokasi-lokasi yang terdapat tempat wisata juga menjadi titik yang berpotensi terjadinya lonjakan pengunjung yang bisa mempengaruhi arus.

“Bila terjadinya kemacetan, kita akan mengurai kemacetan dengan melakukan rekayasa lalu-lintas yakni contraflow, one way dan juga ganjil-genap,” tandasnya.

BERITA TERKAIT