test

News

Selasa, 4 April 2023 11:42 WIB

Hindari Penumpukan Kendaraan, Polda Metro Petakan Arus Mudik Lebaran

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/Fajar)

PMJ NEWS - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tengah mempersiapkan terkait dengan lalu lintas menjelang kegiatan arus mudik masyarakat pada Hari Raya Idulfitri 1444 H.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan diharapkan sebelum kebijakan hari libur Idulfitri tiba, sudah ada masyarakat yang bergerak untuk lebih dulu mudik untuk memecah kepadatan arus lalu lintas.

Pemecahan tersebut dimaksudkan masyarakat yang melaksanakan mudik tidak menumpuk di salah satu hari saja.

“Kan libur tanggal 19, tetapi kita sudah nanti tanggal 14 yang kemungkinan hari Jumat Sabtu Minggu kan mudah mudahan sudah ada pemudik yang sudah berangkat untuk memecah,” ujar Latif dalam keterangannya, Selasa (4/4/2023).

“Sehingga dipecah tidak menumpuk di satu hari itu, tetapi ada perpecahan masyarakat yang bergerak,” sambungnya.

Lebih lanjut, untuk arus lalu lintas mudik sudah mulai dilakukan pemetaan wilayah-wilayah yang disiapkan untuk dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Tentunya kalau roda 4 kan kita jalur tol, jalur tol sudah kita siapkan untuk yang ke arah Cikampek, itu yang ke arah timur, terus nanti yang ke arah barat Merak juga sudah kita siapkan, begitu juga Jagorawi yang akan kita siapkan ke arah Bogor,” papar Latif.

“Untuk jalur alternatif khusus sepeda motor itu di jalur yang paling utama adalah dari Halim lama, yaitu nanti sampai dengan Jatiwaringin yaitu Bekasi Kabupaten,” tandasnya.

BERITA TERKAIT