test

News

Selasa, 4 April 2023 14:41 WIB

Sambut Mudik dan Balik Lebaran, Jasa Marga Siapkan Rest Area Lebih Banyak

Editor: Ferro Maulana

Korlantas Polri menyiapkan rest area atau area peristirahatan sementara di sejumlah pintu keluar tol selama masa libur Natal dan Tahun Baru. (Foto: PMJ News/NTMC Polri)

PMJ NEWS -  Menyambut arus mudik dan balik Lebaran 1444 H/2023, pihak Jasa Marga Related Business (JMRB) sudah menyiapkan sejumlah kesiapan operasional rest area di ruas jalan tol Jasa Marga Group.

Hal tersebut dilakukan untuk kenyamanan para pemudik yang melintas.

Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT JMRB Tita Paulina Purbasari menerangkan, pihaknya menyiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas (lalin) di dalam rest area serta memaksimalkan kapasitas parkir kendaraan seiring dengan meningkatnya arus lalin.

Menurutnya, skema rekayasa lalu lintas bakal diterapkan bila terjadi kepadatan di dalam rest area atau sedang diberlakukan one way di jalan tol.

Di samping itu, skema rekayasa buka-tutup rest area pun akan diberlakukan sesuai dengan diskresi pihak kepolisian jika terjadi kepadatan hingga on ramp.

“Salah satu cara untuk mengurai kepadatan di dalam rest area yaitu dengan menerapkan sejumlah skema rekayasa arus lalu lintas dan memaksimalkan kapasitas parkir kendaraan. Kami mengupayakan penambahan toilet fungsional agar mengurai antrean,” tambahnya.

Selanjjutnya, pihaknya juga telah menambah toilet fungsional sebanyak 588 bilik sehingga total menjadi 1.772 bilik, juga memastikan kecukupan dan menambah pasokan air bersih di toilet dan sarana ibadah.

Masih dari penuturannya, penambahan toilet fungsional di rest area adalah implementasi dari instruksi Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Di samping penambahan toilet fungsional, PT JMRB juga telah berkoordinasi dengan PT Pertamina (Persero) untuk memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan menempatkan SPBU modular di 18 rest area di ruas Jasa Marga Group.

Lalu SPBU, rest area di ruas Jasa Marga Group pun menyediakan layanan pengisian daya kendaraan berbasis listrik.

Total, ada 15 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area di ruas Jasa Marga Group. 

BERITA TERKAIT