test

News

Selasa, 4 April 2023 19:07 WIB

Begini Persiapan Garuda dan Lion Air Hadapi Mudik Lebaran 2023

Editor: Ferro Maulana

Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno Hatta. (Foto: PMJ News/IG @soekarnohattaairport)

PMJ NEWS -  Nampaknya sejumlah maskapai penerbangan bersiap menghadapi masa angkutan mudik Idul Fitri 2023 pada pertengahan April.

Berbagai strategi, mulai dari penambahan kapasitas tempat duduk sampai dengan peningkatan frekuensi penerbangan telah dipersiapkan perusahaan.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) Irfan Setiaputra menjelaskan perseroan menyiapkan sedikitnya 1,2 juta kursi penerbangan pada periode angkutan Lebaran 2023.

Adapun jumlah kursi ini sudah termasuk slot yang disiapkan Citilink, entitas turunan GIAA.

"Ketersediaan kursi penerbangan Garuda Indonesia Group di periode Lebaran tahun ini mencatatkan peningkatan signifikan hingga mencapai 45 persen dibandingkan dengan periode peak season di tahun 2022," tuturnya, melansir siaran persnya, Selasa (4/4/2023).

Sedangkan, Direktur Layanan dan Niaga Garuda Indonesia Ade R. Susardi melanjutkan, GIAA dan Citilink menyiapkan total sebanyak 97 unit pesawat.

Menurut Ade, sebanyak 53 unit pesawat GIAA akan beroperasi selama masa angkutan Lebaran 2023, sementara 44 unit pesawat disiapkan oleh Citilink Indonesia

Secara terperinci, GIAA menyiapkan 10 unit pesawat jenis Airbus A330-300, 2 unit pesawat A330-900,  kemudian 7 pesawat Boeing B777, serta 34 unit jenis Boeing 737-800. Sementara itu, Citilink menyiapkan 39 pesawat jenis Airbus A320-200 dan 5 unit pesawat ATR72.

Terpisah, Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengungkapkan, pihaknya siap melakukan ekspansi armada dengan menambahkan beberapa pesawat baru guna memenuhi kebutuhan selama periode liburan.

Hal tersebut bertujuan untuk menjamin ketersediaan pesawat yang cukup saat menghadapi lonjakan permintaan pasar.

Masih dari keterangannya, saat ini Lion Air mengoperasikan lebih dari 110 armada generasi modern yang didatangkan dari pabrikan pesawat, meliputi Boeing 737-800NG, Boeing 737-900ER, Airbus 330-300CEO dan Airbus 330-900NEO.

Lion Air akan menambah rute baru dan meningkatkan frekuensi penerbangan ke kota-kota tertentu untuk memenuhi permintaan yang pasar tinggi.

“Beberapa jaringan potensial pergi pulang (PP) domestik menurut kami antara lain Jakarta – Bali, Jakarta – Surabaya, Surabaya – Bali, Bali – Labuan Bajo, Bali – Lombok, dan lainnya,” sambung Danang.

Penerbangan Lion Air melalui jejaring Lion Air Group, juga berencana untuk meningkatkan rute penerbangan ke destinasi internasional yang terhubung langsung dari Indonesia seperti Singapura, Bangkok Thailand, Penang dan Kuala Lumpur Malaysia.

BERITA TERKAIT