test

News

Sabtu, 8 April 2023 12:02 WIB

Kemenhub Gencarkan Pemeriksaan Ramp Check Bus Angkutan Lebaran 2023

Editor: Hadi Ismanto

Bus mudik yang akan mengangkut penumpang. (Foto: Dok PMJ News)

PMJ NEWS - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggencarkan pemeriksaan kendaraan atau ramp check bagi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP), dan bus pariwisata menjelang mudik Lebaran 2023.

Kepala Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Pitra Setiawan menjelaskan pelaksanaan ramp check dilakukan mulai 27 Februari-17 April 2023 di Terminal Bus AKAP dan AKDP, Pool Bus Pariwisata dan Kawasan Pariwisata.

"Secara total, Ditjen Hubdat pada periode angkutan Lebaran 2023 mempersiapkan 111 Terminal Tipe A dan 57.693 unit bus," ujar Pitra Setiawan dalam keterangannya yang dikutip pada Sabtu (8/4/2023).

Dari hasil sementara pemeriksaan terhadap armada mudik lebaran, lanjut Pitra, rata-rata telah memenuhi syarat teknis akan tetapi belum melengkapi alat-alat pengamanan darurat.

"Seperti alat pemukul kaca, alat pemadam, dongkrak dan kotak obat. Itu kami lakukan peneguran, kecuali pelanggaran berat, maka kita stop untuk beroperasi," tuturnya.

Pitra menambahkan, pemeriksaan tidak hanya untuk armada yang akan mengangkut pemudik saja. Menurut dia, Ditjen Hubdat juga melakukan pengecekan bus-bus yang akan mengangkut penumpang balik dari daerah ke Jakarta.

“Hal ini seperti yang dilakukan di Terminal Tirtonadi. Tidak hanya memeriksa kondisi kendaraan, tapi petugas juga melakukan pengecekan terhadap awak kendaraan, baik dari sisi administrasi seperti kepemilikan SIM, STNK, KIR, dan KP," tukasnya.

BERITA TERKAIT