test

News

Jumat, 14 April 2023 09:22 WIB

Polda Metro Siapkan 37 Titik Pospam Lebaran 2023, Tol Hingga Tempat Wisata

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Apel gelar pasukan di Polda Metro Jaya. (Foto: PMJ News/Fajar)

PMJ NEWS - Polda Metro Jaya akan mendirikan pos pengamanan dan pos pelayanan dalam rangka persiapan arus mudik dan arus balik Lebaran 2023 di wilayah hukumnya.

“Pos pengamanan arus mudik dan arus balik ada 37 titik pos pengamanan,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Kamis (13/4/2023).

Terdapat 14 titik pos pengamanan yang disiapkan di jalur tol. Untuk arus mudik memiliki 8 titik pos pengamanan (pospam), sementara untuk arus balik terdapat 6 pos.

“Titik pertama di KM 10, Rest Area KM 19, Cikarut KM 29, Rest Area KM 33, Rest Area KM 39, Rest Area Pinanh KM 13,5, Rest Area Kunciran KM 14, Rest Area KM 10 arah Bogor. Ini untuk arah menuju baik itu ke Banten, ke Jawa Barat maupun ke arah Bogor,” kata Trunoyudo.

“Pos pengamanan berikutnya, kedua adalah pospam Arus Balik jalur tol, ini ada 6 titik. Yang pertama adalah pos GT Cikunir di gate Tol Cikunir. Yang kedua KM 19, Rest Area KM 6, Rest Area Pinang KM 13,5, Rest Area Kunciran KM 14, dan KM 21 arah Jakarta,” sambungnya.

Sementara untuk jalur arteri disiapkan pos pengamanan di wilayah Jakarta Barat di Pos Lantas Kalideres dan Pos Joglo Raya. Sementara untuk wilayah Jakarta Timur-Bekasi dan Jakarta Timur-Bogor juga disiapkan sejumlah pos.

“Untuk wilayah dari Karawang yaitu Jakarta Timur dan Bekasi Kota serta Bekasi Kabupaten, Jakarta Timur ada pos Kalimalang, Bekasi Kota ada pos Jalan Nur Ali Sumber Arta dan Jalan Sultan Medan Satria, Bekasi Kabupaten ada pos Pasar Tambun, dan pos Kedung Waringin,” ucap Trunoyudo.

“Sedangkan dari arah Bogor untuk Jakarta Timur ada pos Panasonic dan juga ada Depok yaitu pos SPBU Cilangkap Depok Jalan Raya Bogor,” lanjutnya.
 Lalu pospam juga disiapkan di sejumlah Terminal, Bandara, dan juga Pelabuhan yang berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Terminal bus Kampung Rambutan, Terminal bus Pulo Gebang, dan Terminal Kalideres,” ucapnya.

“Stasiun sendiri yang pertama adalah Stasiun Gambir, Stasiun Senen, dan Stasiun Jatinegara. Pospam pelabuhan itu adanya di Pelabuhan Tanjung Priok. Sedangkan pos pengamanan bandara adalah Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdana Kusuma,” imbuhnya.

Terakhir, Polda Metro Jaya juga menyiapkan pos pengamanan di sejumlah tempat-tempat wisata yang tentunya akan ramai saat Hari Raya Idulfitri nanti.

“Pos pengamanan tempat wisata, ada tempat-tempat hiburan wisata Kebun Binatang Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, Ancol, Monas dan juga Kota Tua,” jelasnya.

BERITA TERKAIT