test

Fokus

Sabtu, 29 April 2023 15:56 WIB

Keberhasilan Polri Kawal Arus Mudik-Balik Lebaran Diapresiasi Sana-Sini

Editor: Hadi Ismanto

Grafis Lipsus Keberhasilan Polri Kawal Arus Mudik-Balik Lebaran 2023. (Foto: PMJ News/Hadi)

PMJ NEWS - Polri menerapkan sejumlah skenario untuk mengantisipasi arus mudik dan arus balik Lebaran 2023. Skema yang diterapkan di antaranya rekayasa lalu lintas hingga menyiagakan personil.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, untuk rekayasa lalu lintas yang diberlakukan berupa Contra Flow, One Way, hingga Ganjil-Genap. Sedangkan jumlah untuk pengamanan dikerahkan 148 ribu personel.

Semua strategi dan skema tersebut diberlakukan semata demi memberikan situasi yang aman dan lancar kepada masyarakat yang mudik ke kampung halamannya.

"Walaupun pada puncak arus, pasti akan terjadi peningkatan yang menyebabkan kondisi kemacetan, sehingga kita perlu mengadakan rekayasa mulai dari ganjil-genap, one way sampai contra flow," ungkap Sigit kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Menurut Sigit, strategi rekayasa lalu lintas tersebut perlu dipersiapkan agar perjalanan mudik tahun ini bisa lebih baik, aman, dan lancar. Apalagi pada tahun ini jumlah pemudik diprediksi akan mengalami peningkatan.

"Ini semua kita lakukan agar proses perjalanan mudik betul-betul bisa terkelola dengan baik dan masyarakat bisa sampai tujuan mudik dengan lancar dan juga harapan kita semuanya selamat," tuturnya.

Masyarakat Apresiasi Pelayanan dan Pengamanan Arus Mudik-Balik Lebaran

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News)

Kerja keras Polri bersama stakeholder terkait dalam mengawal arus mudik dan balik Lebaran tahun ini mendapat apresiasi dari berbagai elemen, termasuk masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

Seorang pemudik asal Jawa Barat bernama Aldin mengungkapkan pengamanan, pelayanan serta pengaturan lalu lintas arus mudik dan balik Lebaran tahun ini jauh lebih baik serta terkelola dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Perjalanan mudik dan balik (tahun) ini dari mulai perjalanan sekarang sudah banyak polisi-polisi di pinggir jalan. Selain bisa membantu kalau ada kesusahan, jalanan juga lancar," ungkap Aldin ditemui saat sela perjalanannya di Jawa Barat, Jumat (28/4/2023).

"Terima kasih banget, sudah bisa atur jalannya biar tidak terlalu macet banget. Biasanya arus mudik itu pasti macet banget. Tapi sekarang belum ada kemacetan yang parah banget dibanding sebelum-sebelumnya," ujar Aldin.

Kesan yang sama diutarakan oleh, pemudik lainnya bernama Rizal. Dia mengaku merasakan secara langsung arus lalu lintas tahun ini lebih baik meskipun memasuki puncak arus mudik dan balik Lebaran 2023.

"Terima kasih buat anggota polisi yang sudah mengamankan arus mudik, mengatur lalu lintas mudik. Arus mudik (tahun ini), tidak kaya arus mudik lalu, yang cukup parah. Sekarang Alhamdulillah lancar. Dari arah timur juga lancar," tutur Rizal.

Sementara itu, pemudik yang pulang ke kampung halamannya menggunakan kereta api juga merasakan nyaman dalam perjalanannya. Dari segi pengamanan, saat ini juga disebut lebih baik dibandingkan sebelumnya.

"Terima kasih buat instansi Polri telah mengamankan pemudik yang semakin tahun makin meningkat pengamanannya, terima kasih," terang Kurniawan saat ditemui di Stasiun Senen, Jakarta.

Presiden Jokowi Pengelolaan Arus Mudik-Balik Lebaran 2023

Presiden Jokowi meninjau kesiapan mudik Lebaran 2023. (Foto: PMJ News/Twitter @jokowi)
Presiden Jokowi meninjau kesiapan mudik Lebaran 2023. (Foto: PMJ News/Twitter @jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi sejumlah instansi terkait yang telah mengelola arus mudik Lebaran 2023 dengan sangat baik. Menurutnya, arus mudik Lebaran kali ini adalah yang tertinggi sepanjang sejarah.

"Alhamdulillah, pemerintah dan seluruh pihak yang terlibat serta peran masyarakat, kita dapat mengelola arus mudik dengan sebaik-baiknya," jelas Jokowi dalam video yang diunggah Sekretariat Presiden.

Oleh karena itu, Jokowi mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dengan puncak arus balik mudik Lebaran 2023 yang akan terjadi pada 24-25 April 2023 dan 29-1 Mei 2023.

Oleh karena itu, pemerintah mengajak masyarakat untuk memundurkan atau menunda jadwal kepulangan setelah mudik. Diprediksi puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 24-25 April serta 29-30 April dan 1 Mei 2023.

"Untuk memecah penumpukan yang terjadi pada puncak arus balik di tanggal 24 dan 25 April 2023 secara bersamaan, pemerintah mengajak masyarakat yang tidak ada keperluan mendesak mengundurkan jadwal kembali setelah tanggal 26 April 2023," tuturnya.

Komisi III DPR Apresiasi Kinerja Polri Atur Arus Mudik-Balik Lebaran

Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto mengapresiasi kinerja Polri beserta jajarannya dalam mengatur arus mudik Lebaran 2023. (Foto: PMJ News/Instagram @didikmukrianto)
Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto mengapresiasi kinerja Polri beserta jajarannya dalam mengatur arus mudik Lebaran 2023. (Foto: PMJ News/Instagram @didikmukrianto)

Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto mengapresiasi kinerja Polri beserta jajarannya dalam mengatur arus mudik Lebaran 2023, mulai dari persiapan hingga pengaturan di lapangan.

"Jika melihat perencanaan, persiapan dan pengaturan yang dilakukan Polri, tentu saya mengapresiasi kerja keras Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan jajarannya mengingat arus mudik tahun ini relatif lancar," ungkap Didik saat dikonfirmasi, Senin (24/4/2023).

Menurut Didik, arus mudik tahun ini relatif lancar meski ada beberapa kemacetan yang terjadi. Namun, hal itu cepat terurai berkat kesiagaan aparat kepolisian.

"Banyak antisipasi dan panduan yang disiapkan Polri untuk memberikan petunjuk, keamanan dan kenyamanan bagi bagi pemudik," tuturnya.

"Semua informasi dan alternatif yang disiapkan terinformasi dengan baik, sehingga pemudik mudah membuat perencanaan dan aman saat mudik," sambungnya.

Ditambahkan Anggota Komisi III DPR RI Supriansa, kepolisian di seluruh Indonesia sudah bekerja secara maksimal untuk melancarkan perjalanan masyarakat arus mudik dari berbagai daerah dengan menggunakan transportasi darat, udara dan laut.

"Semua berjalan lancar dengan minim resiko dalam perjalanan. Saya tidak ragukan kerja-kerja kepolisian yang sudah berpengalaman dari tahun ke tahun," jelas Supriansa.

PBNU Apresiasi Kinerja Polri Kawal Arus Mudik-Balik Lebaran

Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/Instagram @gusipul_id)
Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/Instagram @gusipul_id)

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengapresiasi kinerja Polri yang dinilai telah berhasil memberikan keamanan dan kenyamanan selama arus mudik-balik Lebaran 2023.

"Arus mudik tahun ini relatif lancar. Kami mengapresiasi kerja keras Pak Kapolri dan Jajaran karena telah mengantisipasi dan memberikan guide panduan yang baik bagi pemudik,” kata Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf kepada wartawan.

Pria yang akrab disapa Gus Ipul itu lantas mencontohkan bagaimana Polri secara berulang-ulang memberikan beberapa antisipasi kemacetan dengan memberikan jadwal contra flow di Jalan Tol.

Selain itu, jalur-jalur alternatif juga disusun dan disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat sehingga kemacetan saat arus mudik kemarin bisa terkendali.

"Polisi telah memberikan well informed sehingga tahu kapan mereka harus mudik, jam berapa harus berangkat dan sebagaianya,” ujarnya.

Saat ini ujian keberhasilan kepolisian dalam mengatur lalu lintas akan diuji lagi untuk arus balik. Namun melihat kesiagaan kepolisian saat arus mudik, Gus Ipul optimis arus balik juga akan berjalan lancar.

"Saya melihat meski tahun ini pemudik yang terbesar namun kemacetan tidak begitu parah. Memang ada sedikit macet tapi cepat terurai berkat kesiagaan aparat kepolisian. Selamat Pak Kapolri dan jajaran,” tukasnya.

Kapolri Dapat Apresiasi IPW yang Bekerja Maksimal Atur Arus Mudik Lebaran

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memantau langsung situasi dan kondisi arus balik lebaran di Cikampek Utama. (Foto: PMJ News/Dok NTMC Polri)
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memantau langsung situasi dan kondisi arus balik lebaran di Cikampek Utama. (Foto: PMJ News/Dok NTMC Polri)

Indonesia Police Watch (IPW) mengapresiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan jajarannya yang telah bekerja maksimal mengatur jalur mudik Lebaran 2023 di Pulau Jawa.

"Utamanya dalam mengatasi kemacetan lalu lintas puluhan jam di Trans Tol Jawa," ujar Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso dalam keterangannya, Minggu (23/4/2023).

Menurut Sugeng, Kapolri telah mengerahkan seluruh anggotanya dalam pengamanan mudik yang berkoordinasi dengan lembaga atau instansi terkait seperti Kementerian Perhubungan hingga pemerintah daerah.

"Hal ini berkat kerja keras Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mengerahkan seluruh anggotanya dan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan serta pemerintah daerah setempat," tuturnya.

BERITA TERKAIT