test

Kesehatan

Kamis, 4 Mei 2023 10:04 WIB

Wajib Tau, Lima Sayuran Ini Miliki Kandungan Protein Tinggi

Editor: Hadi Ismanto

Sejumlah sayuran memiliki kandungan protein tinggi yang wajib dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Mengonsumsi cukup protein setiap hari tentu bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari membentuk otot, membantu menjaga berat badan yang sehat, mencegah makan berlebihan, memperkuat tulang, dan menurunkan tekanan darah Anda.

Namun, kebanyakan orang percaya bahwa sayuran kaya akan serat dan vitamin. Sejatinya ada sejumlah sayuran yang memiliki kandungan protein tinggi.

Seperti dilansir dari laman Health Shot, Kamis (4/5/2023), berikut ini tujuh sayuran kaya protein yang wajib Anda konsumsi.

1. Brokoli
Brokoli tinggi protein, rendah lemak, dan rendah kalori. Ini adalah sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat baik, semuanya mendukung kesehatan yang baik.

Folat, mangan, potasium, fosfor, dan vitamin K dan C semuanya ditemukan dalam brokoli. Ini juga termasuk glukosinolat, yang telah terbukti memerangi kanker.

2. Kacang Polong
Kacang polong merupakan sumber protein dan serat nabati yang kaya. Faktanya, suguhan kecil ini memiliki lebih sedikit lemak dan kolesterol. Kacang polong juga tinggi mangan, tembaga, fosfor, folat, seng, besi, dan magnesium.

Mereka juga termasuk fitonutrien seperti coumestrol yang dapat membantu mencegah kanker perut. Jika Anda belum memasukkan kacang polong ke dalam makanan Anda, sekarang waktunya. Kacang polong sangat cocok untuk kari, salad, dan hidangan lainnya.

3. Kale
Kale adalah sumber protein nabati yang sangat baik. Ini juga termasuk bahan kimia fenolik, yang memberikan manfaat antioksidan . Kale dapat dengan mudah dikukus, direbus, atau ditumis dan dikonsumsi secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Kale mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, serta vitamin K, C, A, dan B6, kalsium, kalium, mangan, dan magnesium. Ini juga termasuk lutein dan zeaxanthin, yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko katarak dan degenerasi makula.

4. Jagung Manis
Anda mungkin terkejut, tetapi jagung manis juga merupakan sayuran. Jagung manis rendah lemak dan tinggi protein, memenuhi sekitar 9 persen protein yang Anda butuhkan setiap hari.

Jagung juga mengandung tiamin, vitamin C dan B6, folat, magnesium, fosfor, dan magnesium. Jagung dapat digunakan untuk membuat sandwich, sup, dan salad untuk membantu Anda tetap sehat.

5. Bayam
Bayam dianggap sebagai salah satu sayuran berdaun hijau terkaya nutrisi. Protein, bersama dengan asam amino yang diperlukan, diklaim menyumbang 30 persen kalorinya.

Bayam adalah sumber protein terkaya kedua dalam sayuran. Ini mengandung nutrisi seperti vitamin A, vitamin K, dan vitamin C, yang antara lain membantu menjaga sistem kekebalan yang efektif, melindungi penglihatan , dan meningkatkan aliran darah yang sehat.

BERITA TERKAIT