test

Kesehatan

Jumat, 19 Mei 2023 10:04 WIB

Tak Disangka, Ini Lima Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Lidah buaya sangat baik digunakan untuk perawatan kesehatan karena kaya akan vitamin A, C, E, dan B12. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Lidah buaya atau Aloe vera merupakan sejenis tanaman yang umumnya tumbuh di area beriklim tropis kering seperti Indonesia. Tanaman ini kaya akanvitamin A, C, E, dan B12.

Lidah buaya sangat baik digunakan untuk perawatan kesehatan dan kecantikan. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/5/2023) berikut segudang manfaat Aloe vera untuk kesehatan.

1. Mencegah Penuaan Dini
Kerutan dan penuaan dini juga bisa dicegah dengan manfaat lidah buaya ini. Sifat antioksidan dalam lidah buaya dapat membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari dan memperlambat proses penuaan pada kulit.

Kandungan lidah buaya yang kaya akan beta karoten, vitamin C, dan E ini dapat membantu mengencangkan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. Aloe vera gel juga membantu meningkatkan produksi kolagen yang mencegah kerutan dan garis halus.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah
Menurut studi yang dimuat International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy, mengonsumsi dua sendok makan jus lidah buaya per hari dapat menurunkan kadar gula darah penderita diabetes tipe 2.

Tidak menutup kemungkinan lidah buaya bisa menjadi pilihan pengobatan diabetes di masa yang akan datang.

3. Melancarkan Pencernaan
Walaupun kebanyakan manfaat lidah buaya didapatkan dari gel atau cairan yang terkandung di dalamnya, masih ada bagian lainnya yang berkhasiat.

Lateks (residu berwarna kuning dan lengket yang bisa ditemukan di bawah area terluar daun lidah buaya) diketahui dapat membantu mengatasi konstipasi. Hal ini disebabkan kandungan aloin atau barbaloin di dalamnya, yang memiliki efek pencahar alami.

4. Mengatasi Jerawat
Manfaat lidah buaya juga dapat mengatasi jerawat. Selain menyerap kelebihan minyak yang jadi penyebab jerawat, aloe vera gel juga punya sifat anti-inflamasi. Lidah buaya dikenal karena sifat antibakteri, antivirus, dan antiseptiknya.

Ini dapat mengobati bentuk jerawat yang meradang, seperti pustula dan nodul. Aloe vera gel juga membantu mencegah timbulnya bekas jerawat. Cukup oleskan aloe vera gel ke area berjerawat tiga kali sehari.

5. Mengatasi Sariawan
Sariawan sering kali muncul di bawah bibir serta bagian dalam mulut, dan biasanya berlangsung selama 7-10 hari. Studi membuktikan bahwa manfaat lidah buaya efektif mengurangi peradangan dan ukuran sariawan.

BERITA TERKAIT