test

News

Selasa, 23 Mei 2023 12:02 WIB

Pembuat Konten HOAX Panglima TNI Deklarasi Capres Dilaporkan ke Polda Metro

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Pembuat Konten Hoax Narasi Panglima TNI Deklarasi Capres Dilaporkan ke Polda Metro. (Foto; PMJ/Fajar).

PMJ NEWS - Konten video yang diunggah oleh pemilik akun YouTube Menara Istana yang berisi narasi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mendeklarasikan dukungan terhadap salah satu calon presiden berujung laporan polisi.

Kelompok Advokat Merdeka Pembela Rakyat (Ampera) melaporkan konten video tersebut dengan menyebutkan bahwa isi dalam video merupakan hoax atau berita bohong.

“Melaporkan akun YouTube namanya Menara Istana, yang kontennya itu adalah menyebarkan berita bohong, yang di situ mengandung unsur bahwa TNI dan panglima TNI itu seolah-olah memimpin apel ribuan pasukan mendukung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024,” ujar Ketua Kelompok Ampera, Muhammad Mualimin kepada wartawan, Senin (23/5/2023).

Laporan yang dibuat oleh pihaknya pada hari Senin (22/5/2023) ke Polda Metro Jaya sudah teregister dengan nomor LP / B / 2803 / V / 2023 / SPKT / Polda Metro Jaya.

Mualimin menilai unggahan konten bernarasi tersebut sudah pasti salah dan dikhawatirkan menimbulkan keonaran di masyarakat atas berita hoax tersebut.

“Karena TNI sendiri kan netral. Dan itu juga dikonfirmasi oleh panglima TNI bahwa itu Hoax. Oleh karenanya ketika berita hoax semacam ini menyebar di masyarakat, yang kami takutkan hanya menciptakan keonaran,” paparnya.

Ditambahkan perihal laporan yang dibuat, Mualimin berharap kedepannya tidak ada lagi berita bohong yang buat khususnya dalam tahun politik nanti.

“Supaya berita bohong itu minimal orang takut lah untuk menyebarkan atau memproduksi berita bohong gitu,” tandasnya.

BERITA TERKAIT