test

News

Selasa, 23 Mei 2023 12:44 WIB

Ujicoba Kereta Cepat Jakarta Bandung Ditingkatkan Jadi 180 Km/jam

Editor: Ferro Maulana

Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung. (Foto: PMJ/Dok Kemenhub).

PMJ NEWS -  Ujucoba testing & commissioning Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) masih terus berlanjut menjelang masa operasi pada Agustus 2023.

Adapun kecepatan kereta pada pengujian ini juga sudah ditingkatkan menjadi 180 km/jam dari 60 km/jam dengan memakai Comprehensive Inspection Train (CIT) atau Kereta Inspeksi.

Dirut PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengungkapkan, peningkatan kecepatan uji coba ini bisa dilakukan pasca seluruh persiapan awal pelaksanaan testing & commissioning mampu diselesaikan.

"Berbagai pengetesan kesiapan sarana prasarana KCJB yang dilakukan sebelumnya sudah berjalan dengan lancar,” terang Dwiyana dalam siaran persnya, Selasa (23/5/2023).

“Berdasarkan evaluasi, maka mulai hari ini kecepatan perjalanan KA Cepat mulai ditambah menjadi hingga 180 km/jam," urainya melanjutkn.

Menurut pelaksanaan testing & commissioning, waktu tempuh antara Stasiun Halim hingga Stasiun Tegalluar adalah sekitar 50 menit.

Ke depan kecepatan bakal terus ditingkatkan hingga mencapai puncak kecepatan operasional di 350 km/jam bahkan sampai mencapai puncak kecepatan teknisnya yakni sampai dengan 385 km/jam.

 

BERITA TERKAIT