test

Regional

Kamis, 25 Mei 2023 13:26 WIB

Selamatkan Pilot Susi Air, Kapolda Papua: Negosiasi dengan Kelompok Egianus

Editor: Ferro Maulana

Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS -  Berbagai langkah dilakukan TNI Polri dalam menyelamatkan Pilot Susi Air Capt Philip Mark Mehterns yang disandera oleh anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kelompok Egianus Kogoya.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri menegaskan, pihaknya siap memaksimalkan upaya penyelamatan melalui negosiasi.

"Saya berbicara dengan berbagai pihak tentang proses negosiasi ini termasuk dengan pihak gereja yang di dalamnya ada Dewan Gereja dan Uskup,” terang Mathius kepada wartawan, Kamis (24/5/2023).

“Kita akan semaksimal mungkin melakukan negosiasi dengan kelompok Egianus Kogoya untuk bisa melepas pilot yang dibawanya," sambungnya menegaskan.

Saat ini, lanjut Kapolda Papua, Satgas Damai Cartenz juga tengah menyiapkan langkah-langkah penegakan hukum yang tepat, tegas dan terukur.

"Tentu negosiasi bisa dilakukan dengan siapa saja, saya membuka diri untuk semua pihak, yang dari awal yakni pihak Pemerintah Nduga bekerja sama dengan Kapolres,” katanya.

“Kemudian ada juga pihak dari Komnas HAM yang menawarkan diri dan kami terima," tandasnya.

Masih dari keterangan Kapolda Papua, pihaknya juga telah mengirimkan tim khusus untuk berupaya dalam melakukan negosiasi dan memfasilitasi semua pihak yang ingin membantu pembebasan pilot.

 

 

BERITA TERKAIT