test

News

Kamis, 25 Mei 2023 13:44 WIB

BNPT: Dai Miliki Peran Penting Cegah Ideologi Radikalisme

Editor: Hadi Ismanto

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Komjen Rycko Amelza Dahniel. (Foto: PMJ News/NTMC Polri)

PMJ NEWS - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengajak para dai dan daiyah Jawa Barat untuk bekerja sama menguatkan kesiapsiagaan dan ketahanan nasional dari ancaman ideologi radikalisme.

Kepala BNPT Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan, peran dai dan daiyah tidak dapat disepelekan. Mereka justru memiliki peranan penting dalam pencegahan ideologi kekerasan.

"Peran dai sangat sentral, penting dan menjadi kunci dalam program kontra radikalisme dan deradikalisasi dalam upaya pencegahan ideologi kekerasan radikalisme terorisme," ungkap Rycko dalam keterangannya, Kamis (25/5/2023).

Lebih lanjut Rycko menjelaskan, para dai dan daiya dapat berperan langsung untuk merubah pemahaman dan mindset masyarakat yang telah terpapar radikalisme. Hal ini termasuk kepada mantan napiter melalui pemberian tausiah sesuai ajaran agama yang damai.

"Dai dan daiyah dapat merubah paham budaya kekerasan, meluruskan pemahaman dengan tausiah kepada masyarakat," ucapnya.

Menurut Rycko, peran penting dai dan daiyah juga terletak pada posisi mereka dalam tatanan masyarakat. Sebab, mereka lebih dipercaya dan dianggap orang suci dalam mengajarkan kebenaran agama.

"Dai dan daiyah termasuk para orang tua, kiai, ajengan, ustaz, ustazah mereka dipercaya dan dianggap orang suci," ujarnya.

"Untuk itu, ketika dai dan daiyah banyak yang terlibat dalam memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat, masyarakat yang terpapar ini bisa yakin dan mau merubah pemikiran dan sikap mereka," imbuhnya.

BERITA TERKAIT