test

News

Jumat, 26 Mei 2023 15:24 WIB

Simak Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini

Editor: Ferro Maulana

Nilai Tukar Rupiah. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Nilai tukar rupiah pada Jumat (26/5/2023) bakal terpengaruh lonjakan dolar AS yang menguat ke level tertinggi dua bulan karena tangguhnya data terbaru ekonomi AS.

Melansir Reuters, Jumat (26/5/2023), dolar AS menguat dalam penutupan perdagangan Kamis waktu setempat. Sehingga memperpanjang kenaikan hingga empat hari berturut-turut.

Klaim pengangguran awal mingguan tenaga kerja AS naik 4.000 pekan lalu menjadi 229.000, di bawah estimasi Reuters 225.000.

Sedangkan, data dari minggu sebelumnya direvisi turun tajam, indikasi tenaga kerja menunjukkan sedikit tanda-tanda koreksi.

Selain itu, estimasi kedua pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) AS kuartal pertama mengkonfirmasi ekonomi tumbuh lebih lambat, tetapi kenaikan tersebut direvisi hingga 1,3 persne dari awal 1,1 persen.

"Kami benar-benar tidak melihat resesi yang dibicarakan semua orang pada tahun 2023. Jadi dengan taruhan semacam itu ditarik, tarifnya menguat lebih tinggi pada saat ini," ujar Erik Bregar yang merupakan direktur, manajemen risiko FX & logam mulia Silver Gold Bull Toronto.

Sementara itu, dari dalam negeri, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan, masalah negosiasi pagu utang Amerika Serikat (AS) di tengah ketidakpastian global yang masih tinggi memberikan tekanan terhadap seluruh mata uang di dunia.

 

BERITA TERKAIT