test

News

Senin, 29 Mei 2023 11:41 WIB

Kemenhub Kaji Penyediaan Fasilitas Check-in Pesawat di Stasiun KA Bandara

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto: PMJ News/Dok Kemenhub).

PMJ NEWS - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengkaji penyediaan fasilitas check in pesawat tidak hanya di bandara, melainkan bisa di setiap stasiun yang dilewati oleh Kereta Api (KA) Bandara Soekarno Hatta.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi seusai meninjau sarana dan prasarana perkerataapian dari dan menuju Bandara Soekarno Hatta di Stasiun BNI City, Minggu (28/5/2023).

"Yang kita pikirkan adalah bagaimana check in itu tidak di bandara tetapi bisa di stasiun kereta api. Baik di Manggarai, di sini (Stasiun BNI City], atau di tempat lain, Bekasi contohnya," jelas Menhub Budi.

Selain penyediaan fasilitas check in pesawat di stasiun kereta api, Budi mengungkapkan pihaknya juga berencana menyiapkan konter khusus barang bagi para penumpang yang akan menggunakan moda transportasi KA Bandara maupun KRL.

Dengan begitu, lanjut Budi, penumpang tidak perlu mengangkut barangnya sendiri. Nantinya, penumpang hanya tinggal pergi ke satu konter dan barang mereka sudah terkumpul di satu tempat.

"Barangnya akan dikumpulkan ke dalam satu tempat yang tidak diangkut sendiri, mereka tidak perlu membawa barangnya sendiri," ucapnya.

Sebagai informasi, saat ini setidaknya ada empat stasiun di wilayah Jakarta dan Tangerang yang menyediakan layanan KA Bandara Soekarno Hatta. Keempatnya adalah Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri, serta Stasiun Batu Ceper.

BERITA TERKAIT