test

News

Senin, 29 Mei 2023 13:40 WIB

Beraksi 9 Kali Rampok Alfamart, Ini Tampang 1 Pelaku Sindikat Asal Lampung

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Pelaku perampokan Alfamart berbaju tahanan. (Foto: PMJ/Fajar).

PMJ NEWS - Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya mengungkap sindikat perampok spesialis minimarket Alfamart yang menggunakan senjata api dan senjata tajam yang berasal dari Lampung.

Kasubdit Resmob Ditreskrimum PMJ AKBP Titus yudho Uly mengatakan dua pelaku dalam kasus tersebut uakni berinisial SS (33) dan J (25).

“Spesialis Alfamart lintas provinsi kelompok Lampung menggunakan senjata api rakitan dan senjata tajam.,” ujar Titus dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Senin (29/5/2023).

Titus menuturkan, dalam oengungkapan dan penangkapan kasus tersebut, salah satu pelaku berinisial SS yang merupakan kapten sekaligus perencana dan eksekutor ditembak tegas di lokasi akibat melakukan perlawanan.

“Salah satu pelakunya melakukan perlawanan pada saat akan dilaksanakan penangkapan, sehingga kita lakukan tindakan tegas terukur,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Titus menyampaikan bahwa para pelaku dalam melancarkan aksinya selalu mengincar Alfamart dikarenakan beroperasi selama 24 jam. Total sudah 9 Alfamart yang disatroni keduanya.

Lokasi Alfamart yang pernah disatroni keduanya yakni diantaranya di wilayah Lenteng Agung, Jagakarsa, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jatinegara Jakarta Timur, hingga Jatiasih, Bekasi.

“Selalu mengincar toko Alfamart dikarenakan toko Alfamart banyak yang beroperasi 24 jam dan mereka juga kadang-kadang menyasar atau melakukan tindak pidana ini di toko-toko Alfamart pada saat jam-jam 2 sampai jam 4 pagi,” paparnya.

Barang bukti yang diamankan dalam kasus tersebut yakni sebilah golok, sepucuk senjata api rakitan, 1 helm dan jaket ojek online, dua oasang sepatu, 3 unit handphone serta dua dompet.

Atas perbuatannya, tersangka karena merupakan residivis dikenakan Pasal 365 KUHP juncto Pasal 65 KUHP dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara.

BERITA TERKAIT