test

Hukrim

Selasa, 6 Juni 2023 19:41 WIB

Polres Jakpus Ungkap Jaringan dan Musnahkan Barbuk Narkoba Hasil Bulan Mei

Editor: Ferro Maulana

Kapolres Jakpus Kombes Pol Komarudin beserta jajarannya. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS -  Satnarkoba Polres Metro Jakarta Pusat memusnahkan Narkotika hasil penangkapan pada Bulan Mei 2023 jenis ekstasi sebanyak 4.988 butir dan jenis sabu seberat kurang lebih 3.535,3 gram yang dilaksanakan di Lapangan Merah Mapolres Jakarta Pusat,Jl. Garuda No.2, RW.4, Gunung Sahari Selatan, Kecamatan Kemayoran, Kota Jakarta Pusat,Selasa (06/06/2023).

Kapolres Jakpus Kombes Pol Komarudin,S.I.K,M.M menerangkan bahwa pada hari Selasa,tanggal 16 Mei 2023 sekitar pukul 03.00 Wib, di dalam kamar rumah Jl.Taman Udayana Kelurahan Bojong Koneng,Kecamatan Babakan Madang,Kabupaten Bogor,Jawa Barat, telah dilakukan penangkapan terhadap tersangka inisial R.S.

"Pada saat dilakukan penggeledahan  terhadap rumah ditemukan barang bukti berupa 1 (satu) buah koper berwarna Gold berisi : 7(tujuh) paket plastik yang berisi Narkotika jenis sabu dengan total berat Brutto + 3.535.3 gram, 5 (lima) paket plastic yang berisi narkotika jenis Ekstasi berlogo kaki kucing warna merah muda dengan total sebanyak 4.988 butir berat Brutto + 1.917,6 gram,Selanjutnya dilakukan Interogasi terhadap RS di dapatkan Informasi bahwa mendapatkan Narkotika jenis sabu dan Ekstasi tersebut dari tersangka H yang masih DPO,Sebanyak 5 Kg dan Narkotika Jenis sabu tersebut niatnya akan diserahkan kepada orang yang akan menerimanya sesuai perintah dari N H." jelas Kapolres Jakpus.

"Dari 5 kg tersebut beberapa sudah diantarkan kepada orang yang menerima, sehingga tersisa yang diamankan oleh petugas Kepolisian. Kemudian RS mendapatkan perintah oleh N H (DPO) untuk mengantarkan Narkotika jenis sabu sebanyak 100 gr, 500 gr dan1 Kg lalu NH (DPO) mengirimkan nomor HP orang yang akan mengambil sabu tersebut,” ungkap Kapolres Jakpus menambahkan.

Selanjutnya berdasarkan keterangan tersebut petugas melakukan Control Delivery dengan dibantu R.S.

Kemudian Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin menyampaikan  pada hari Selasa, tanggal 16 Mei 2023, sekitar pukul 19:00 Wib, di pintu keluar Plaza Niaga 1, JI. MH. Tamrin, Kelurahan Citra Ringgul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Petugas melakukan penangkapan terhadap M A dan MSP orang yang mengambil 100 gr sabu tersebut kemudian setelah dilakukan interogasi M A diperintahkan untuk mengambil Narkotika jenis sabu sebanyak 100 gr tersebut oleh inisial SH masih DPO, lalu M H mengajak MSP untuk membantu melakukan penjemputan Narkotika jenis sabu tersebut, dan SH menjanjikan upah penjemputan sebesar Rp. 2.000.000 yang niatnya akan dibagi dua oleh MA dan M SP, MA mengaku sudah 3 kali melakukan penjemputan Narkotika jenis sabu atas perintah SH (DPO).

"Kemudian pada hari Selasa, tanggal 16 Mei 2023, sekitar pukul 20.00 Wib, di Plaza Niaga 1, Jl. MH. Thamin, Citaringgul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.Petugas melakukan penangkapan terhadap R F dan D MD (orang yang mengambil 500 gr sabu tersebut) kemudian setelah dilakukan interogasi R F diperintahkan untuk mengambil Narkotika jenis sabu sebanyak 500 gr tersebut oleh tersangka inisial J yang masih DPO, kemudian R F mengajak pacarnya D M D untuk mengambil Narkotika jenis sabu tersebut disentul dimana  R F menghubungi J menggunakan Handphone D M D." bebernya panhang lebar.

"Tersangka R F dijanjikan upah sebesar Rp.5.000.000 jika berhasil melakukan pengambilan. Niatnya dari 500 gr Narkotika jenis sabu tersebut sebanyak 400 gr akan diantarkan ke Taman Karapan Sapi Volker JI. Bak Air, Tanjung Priok, Jakarta Utara dan sebanyak 100 gr untuk dijual Kembali oleh R F, sudah sering mendapatkan Narkotika jenis sabu dari Sdr. J (DPO) untuk dijual kembali dengan sistem laku bayar,dan RF terkadang melakukan pembayaran menggunakan rekening milik D MD,Lalu pada hari Jumat, tanggal 19 Mei 2023, sekitar pukul 18:50 Wib, di Plaza Niaga1, J. MH. Thamrin, Citaringgul, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor. Jawa Barat,” tuturnya.  

“Petugas melakukan penangkapan terhadap J N (orang yang mengambil 1 Kg sabu tersebut) kemudian setelah dilakukan interogasi J N diperintahkan untuk mengambil Narkotika jenis sabu sebanyak 1 Kg tersebut oleh A F masih DPO, dan jika selesai melakukan penjemputan tersebut J N mendapatkan upah dari penjemputan tersebut sebesar Rp. 2.000.000 jika berhasil melakukan penjemputan tersebut. Kemudian juga dilakukan penggeledahan terhadap rumah J N yang beralamat di .JL. Taman Rava Raieg Kel. Mekarsari, Kec. Rajeg, Tanggerang Banten dan ditemukan barang bukti 1 (satu) buah kantona Trestbag warna Putih berisi 1 (satu) buah plastic klip bening berisi Narkotika jenis sabu kurang lebih 25 gr yang didapat dari tersangka A F,dimana tugas dari JN untuk menyimpan,membagi dan mengantarkan Narkotika jenis sabu tersebut atas perintah A F,” paparnya menutup pembicaraan.

Barang bukti yang berhasil diamankan oleh Sat Narkoba Polres Jakarta Pusat tersebut sebagian dimusnahkan di Polres Jakarta Pusat menggunakan Blender yang terlebih dahulu di lakukan pengetesan keaslian barang bukti oleh Puslabfor Polri yang di saksikan oleh perwakilan dari Kejaksaan dan dilanjutkan untuk di bawa ke RS.Gatot Subroto untuk dilakukan pemusnahan.

BERITA TERKAIT