test

Kesehatan

Selasa, 20 Juni 2023 10:04 WIB

Bukan Hanya untuk Kesuburan, Ini Lima Manfaat Tauge Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Mengonsumsi tauge dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Tauge dikenal sebagai salah satu makanan sehat yang dapat meningkatkan kesuburan pada pria. Namun, siapa sangka rutin mengonsumsi tauge dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tauge rendah kalori dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Sayuran ini juga mengandung konsentrasi vitamin C yang tinggi hingga protein dan serat yang memberikan kerenyahan yang khas.

Seperti dikutip dari laman Webmd, Selasa (20/6/2023), berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi tauge

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Menurut banyak penelitian, tauge mengandung serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat ini adalah serat tidak larut, yang berfungsi sebagai prebiotik dan memberi makan bakteri baik di usus.

Bakteri ini penting untuk menjaga sistem pencernaan yang stabil dan sehat, serta dapat membantu mengurangi gejala seperti kembung maupun gas.

2. Munurunkan Kolesterol
Mengonsumsi tauge dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita diabetes atau obesitas. Satu studi menunjukkan peningkatan kolesterol baik serta penurunan trigliserida dan kolesterol jahat.

Tingkat kolesterol yang lebih rendah terhubung dengan risiko penyakit jantung dan aterosklerosis yang lebih rendah pula.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah
Tauge memiliki kadar karbohidrat yang lebih rendah, yang dapat membantu mengontrol kadar insulin. Hal tersebut dikombinasikan dengan adanya enzim dalam tauge, yang pada gilirannya memengaruhi cara tubuh memecah karbohidrat.

4. Detoksifikasi pada Tubuh
Tauge membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membersihkan tubuh. Klorofil dalam tauge sangat membantu dalam menghilangkan racun dari sel dan sistem limfatik.

Enzim dalam tauge memudahkan proses pencernaan yang juga membantu membuang racun.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata
Kebaikan vitamin A dalam tauge berperan penting dalam meningkatkan penglihatan. Tauge juga memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi sel-sel mata dari kerusakan oksidatif radikal bebas yang dapat menyebabkan glaukoma dini.

Asupan tauge setiap hari juga mengurangi risiko masalah terkait mata seperti rabun senja, degenerasi otot, dan pembentukan katarak.

BERITA TERKAIT