test

News

Selasa, 20 Juni 2023 11:22 WIB

Kabaharkam: Polri Harus Dekat ke Masyarakat Agar Kepercayaan Publik Kembali

Editor: Hadi Ismanto

Kabaharkam Polri, Komjen Pol Fadil Imran. (Foto: PMJ News/Instagram)

PMJ NEWS - Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran menyebut polisi harus dekat dengan masyarakat agar kepercayaan publik kembali. Hal ini disampaikannya dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi III DPR di Jakarta, Senin (19/6/2023).

"Kalau ingin kembali polisi dipercaya, saya kira harus hadir di tengah masyarakat karena kedekatan adalah kekuatan yang sejati bukan power in authority. Polisi ini yang penting dekat dengan masyarakat itu yang menjadi the real power of police," ungkap Fadil Imran.

Menurut Fadil, puncak kepercayaan masyarakat terhadap Polri terjadi pada 2021 saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Polisi selalu hadir di tengah masyarakat untuk memberi obat, mengantarkan masyarakat ke rumah sakit, menggelar vaksinasi hingga menyalurkan sembako pemerintah.

"Polisi datang sebagai sosok pelindung, pengayom, penolong dan sahabat. Itulah sejatinya pencegahan kejahatan, itu lah sejatinya polisi hadir," tuturnya.

Fadil mengatakan, Indonesia termasuk masyarakat dengan karakteristik komunikasi high context yang membutuhkan kepekaan sosial tinggi untuk dapat menyatukan rasa dan memperoleh pemahaman satu sama lain.

"Apalagi rasa aman itu cita rasa. Polisi harus berada di tengah-tengah masyarakat, bersinergi dengan masyarakat, melakukan problem solving dan menggerakkan masyarakat agar kampung itu menjadi aman," tukasnya.

BERITA TERKAIT