test

Kesehatan

Minggu, 25 Juni 2023 22:01 WIB

5 Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Editor: Hadi Ismanto

Naiknya asam lambung yang tiba-tiba naik tentu sangat mengganggu aktivitas. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Ada banyak faktor yang memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan, salah satunya adalah makanan. Kondisi ini sering kali mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasi asam lambung naik, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menghindari faktor pemicunya. Berikut lima makanan sehat yang aman dikonsumsi pengidap asam lambung

1. Oatmeal
Jenis makanan untuk asam lambung lainnya adalah oatmeal. Kudapan ini kaya akan serat yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Dalam mengatasi gejala, oatmeal bekerja dengan menyerap produksi asam lambung berlebih.

2. Pisang
Pisang memiliki kandungan pH sekitar 5,6 mampu menetralkan asam lambung dan meredakan gejalanya. Buah ini juga bekerja dengan melapisi kerongkongan yang teriritasi akibat naiknya asam lambung.

3. Sayuran Hijau
Sayuran sebagai makanan untuk asam lambung adalah kembang kol, brokoli, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus. Sayur-sayuran tersebut memiliki kandungan tinggi serat yang mampu menurunkan asam lambung.

4. Ikan
Ikan memiliki kadar asam dan lemak yang rendah, sehingga baik dikonsumsi oleh pengidap asam lambung. Beberapa jenis ikan yang direkomendasikan, yakni salmon, gurame, lele, tongkol, dan sarden.

5. Pepaya
Pepaya tak hanya bekerja sebagai pencahar alami. Makanan untuk asam lambung ini juga mampu meredakan gejala gangguan tersebut. Manfaat ini terjadi berkat enzim papain di dalam buah.

Enzim ini bekerja dengan mencerna protein di dalam lambung ketika terjadi kekambuhan gejala asam lambung.

BERITA TERKAIT